Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Pentingnya Kemasan Produk pada Bisnis Kuliner

Pentingnya Kemasan Produk Bisnis Kuliner - Bisnis kuliner adalah bisnis yang memiliki banyak penggemar. Banyak sekali orang yang ingin berkecimpung di dunia perkulineran. Hal ini karena konsep dan prinsip bisnis kuliner yang jauh lebih mudah daripada bisnis lain, serta cara kerjanya yang juga sederhana dan mudah untuk memulai. Namun banyak pebisnis-pebisnis kuliner yang lupa mengenai hal yang terlihat sepele seperti kemasan produk. Pentingnya Kemasan pada Produk Kuliner  

Para pebisnis kuliner biasanya hanya fokus pada membuat makanan atau minuman yang enak saja. Hal itu memang tidak salah namun, makanan atau minuman yang enak saja tidak cukup untuk bersaing di dunia bisnis kuliner yang seiring waktu semakin banyak yang ikut berbisnis makanan dan minuman. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pebisnis kuliner adalah kemasan produk mereka.

Kemasan produk memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat yang jika digunakan dengan cerdik, dapat meningkatkan penjualan dan laba dari bisnis kuliner yang dijalankan. Berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat dari kemasan produk dalam bisnis kuliner.


1. Melindungi Produk

Mungkin salah satu fungsi yang paling kentara dari kemasan produk adalah untuk melindungi produk itu sendiri dari ancaman-ancaman yang dapat merusak kualitas produk tersebut. Penting sekali untuk membuat kemasan yang benar-benar dapat melindungi kualitas produk karena jika kualitas produk menurun, maka produk tidak akan laku.

Contoh Kemasan Produk Makanan

Misalnya saja, jika kita berbisnis minuman. Tentu saja kita harus mencari kemasan yang tidak mudah bocor dan tidak mengandung zat-zat yang dapat mempengaruhi rasa dari minuman yang kita produksi. Kemasan juga harus kuat dan tidak mudah bocor, sobek atau bolong.


2. Menarik Perhatian

Orang yang bijaksana adalah orang yang mampu menggunakan kemasan produk untuk melindungi produk yang ia jual. Namun, orang yang jenius adalah orang yang tak hanya membuat kemasan yang melindungi produk namun juga menarik perhatian calon pembeli disaat yang sama. Pada dasarnya, kemasan produk sendiri tidak hanya memiliki satu fungsi saja yaitu melindungi produk.

Contoh kemasan produk yang menarik perhatian

Pada tangan orang yang kreatif, kemasan produk bisa menjadi penarik perhatian calon pembeli. Misalnya dengan cara mendesain kemasan agar terlihat lebih atraktif dengan beberapa warna yang menarik perhatian mata. Atau dengan membuat kemasan yang memiliki bentuk unik dan menarik.


3. Membedakan Dengan Produk Pesaing

Contoh kemasan produk yang beragam

Fungsi yang satu ini pada dasarnya adalah cabang dari fungsi kedua. Jadi, dengan kemasan produk yang memiliki desain atau bentuk yang unik dan menarik, produk yang dijual dapat terdiferensiasi dari produk-produk pesaing. Dengan ini, produk yang anda dijual dapat memisahkan diri dari produk-produk lain yang mirip dengan produk yang anda jual sehingga meningkatkan persentase kemungkinan calon pembeli untuk membeli produk anda.


4. Menjelaskan Produk

Sebenarnya, kemasan juga bisa menjadi sarana bagi penjual untuk mendeskripsikan produk yang dijual. Dengan melakukan ini, penjual dapat menghemat biaya yang cukup banyak daripada harus mengeluarkan uang untuk melakukan iklan yang pada dasarnya, memiliki tujuan yang sama yaitu menjelaskan produk kepada calon konsumen.

Contoh kemasan mengandung deskripsi produk

Menjelaskan deskripsi produk pada kemasan akan membantu calon pembeli untuk memilih produk yang anda jual. Poin pentingnya adalah dengan memperlihatkan deskripsi produk yang ingin dilihat calon pembeli. Untuk itu, penjual juga harus pandai dalam membaca pasar untuk mengetahui apa yang calon konsumen ingin lihat dalam produk penjual. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemasan produk memiliki beberapa fungsi dan manfaat yang sangat menguntungkan bagi penjual. Jika anda merupakan pebisnis kuliner, jangan lupa untuk menggunakan cetak kemasan produk makanan dan minuman yang kreatif, inovatif dan atraktif.

M Lukmantoro
M Lukmantoro Blogger Tampan Dari Ujung Timur Pulau Jawa

Post a Comment for "Inilah Pentingnya Kemasan Produk pada Bisnis Kuliner"