Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Memulai Bisnis untuk Pemula

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula - Dunia bisnis semakin banyak peminatnya. Bahkan karena dinilai lebih menguntungkan baik dari hasil maupun keleluasaan waktu, berbisnis kian dinikmati baik oleh para karyawan araupun para mahasiswa. Jika anda salah satu diantara mereka, maka tips berbisnis bagi pemula sebaiknya telah anda pahami.

Tips Bisnis pemula

Berbisnis bukan sekedar soal potensi keuntungan yang didapatkan ataupun ketersediaan dana. Bagi anda para karyawan yang telah memiliki kehidupan mapan dengan pemasukan yang rutin dan banyaknya tabungan pun, pemahaman berbisnis tetap anda perlukan.

Terlebih kompetitor hari ini semakin menjamur. Para pebisnis pun perlu banyak terobosan agar bisnis bisa tumbuh dan berkembang, apalagi bagi para pemula. Dan berikut adalah 8 tips berbisnis bagi pemula yang perlu anda tahu :


Pilih Dan Fokus Pada Satu Peluang

Langkah paling awal yang harus anda lakukan adalah fokus pada satu bidang bisnis. Perkembangan masyarakat yang semakin modern semakin membuka begitu banyak peluang bisnis. Namun terlalu lama menimbang dan memilih berbagai peluang bisnis yang ada hanya akan menghabiskan waktu dan menimbulkan kompetitor yang semakin banyak.

Dengan memilih satu jenis peluang bisnis dan segera memulai berarti anda telah lebih dulu bergerak dibanding pebisnis lain yang bisa saja akan memulai bisnis pada jenis yang sama. Apakah anda telah memilih? Maka bergerak dan fokuslah menekuninya.


Pilih Yang Disuka

Banyak para pebisnis yang berhasil karena bisnis yang digeluti adalah hal yang disukainya. Berbisnis pada dunia yang disukainya selain tidak akan memberikan beban mental, juga akan terus terpacu untuk mengembangkan bisnis tersebut karena walaupun belum berhasil seseorang akan tetap suka menggelutinya, terlebih bagi anda para karyawan.


Berbisnis Pada Bidang Terdekat

Selain pada bidang yang disukai, bisnis yang baik adalah hal yang paling dekat dengan anda. Jika anda adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam sebuah bidang namun belum memulai karena terhalang satu hal, maka bisnis bisa anda mulai dari sana. Jika anda pernah belajar tentang marmer dan pernah terhalang karena kuliah atau bekerja di perusahaan produksi marmer, anda bisa merintis bisnis tentang jasa poles marmer.


Memulai Bisnis Kecil

Bagi pemula jika ingin merintis bisnis sebaiknya memulai dari bisnis yang kecil. Bisnis kecil adalah yang dimulai dari bawah bukan langsung mengambil bisnis yang besar. Semakin besar bisnis yang dimulai semakin besar pula potensi kerugian ketika gagal. Bagi pemula yang paling penting ketika mulai bisnis adalah ilmu dan pengalaman.


Terus Perbanyak Teman

Hal yang tak boleh anda lupakan walaupun sudah sibuk mengurusi bisnis adalah selalu perbanyak teman. Dengan teman yang selalu bertambah dan anda jalin silaturahim yang baik, maka akan membantu anda dalam promosi. Bisa jadi orang lain yang belum tahu tentang bisnis anda menjadi tahu karena teman anda tersebut.


Manfaatkan Medsos

Media sosial menjadi saat ini semakin mendapatkan tempat di tengah masyarakat. Dengan pemanfaatan media sosial akan membantu anda dalah melakukan bisnis. Tidak hanya soal iklan disana, anda dapat pula melihat bisnis yang sedang tren sehingga bisnis yang anda geluti selalu mampu menyesuaikan dengan kebutuhan zaman.


Selalu Mau Belajar Dari Orang Lain

Dalam dunia bisnis yang terpenting adalah penguasaan pasar dan inovasi yang kreatif. Dengan mendengarkan dan belajar dari orang lain bisnis anda akan selalu update dengan keadaan. Meskipun bisnis yang dimulai adalah produk yang terkesan tradisional, namun saat belajar pada orang lain kita akan tahu bagaimana caranya untuk update dengan dunia bisnis yang ada.


Belajar Dari Kegagalan

Tidak banytak yang berhasil saat berbisnis untuk pertama kalinya, bahkan banyak yang masih gagal pada yang kedua bahkan kelima. Jika nanti anda termasuk salah satunya, maka selalu evaluasi apa sebabnya dan kemudian belajarlah darinya. Kegagalan dating untuk pengalaman dan belajar agar bisnis semakin berkembang dan melatih mental dalam berbisnis.

Nah sudahkah anda siap untuk berbisnis? Tips diatas begitu mudah bukan untuk dibaca dan dimengerti? Namun kesan dari tips tersebut akan semakin anda rasakan sensasinya saat anda memulainya. Bahkan bisa jadi anda nanti akan bisa menambahkan tips ketika telah melewati pengalaman dalam dunia bisnis.

M Lukmantoro
M Lukmantoro Blogger Tampan Dari Ujung Timur Pulau Jawa

Post a Comment for "8 Tips Memulai Bisnis untuk Pemula"