Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memotret Bintang Di Semua Tipe Android, Dijamin Berhasil!

Cara Mudah Memotret Bintang Dengan Semua Android - Sebagian dari kamu mungkin percaya bahwa untuk memotret Astophotografi atau istilah kerennya Milky Way membutuhkan "gear" atau peralatan yang canggih. Mungkin beberapa dekade yang lalu argumen ini bisa dibilang benar, namun untuk saat ini pernyataan tersebut sudah tidak benar lagi.

Contoh Hasil Astrofotografi Menggunakan Semua Jenis Smartphone
Bukan rahasia umum lagi jika Smartphone saat ini memiliki peranan penting dalam kehidupan. Selain berguna sebagai alat komunikasi, smartphone juga menjadi alat bantu menemukan informasi dengan cepat dan efisien. Mungkin beberapa orang berpendapat seperti itu bukan, padahal sebenarnya smartphone lebih dari itu. Coba kamu lihat HP yang kamu pegang sekarang, lihat ada beberapa hal yang sangat potensial sekali kamu kembangkan. Yap. Kamera! Cara ini berhasil diberbagai tipe Android seperti oppo, xiaomi, redmi 4x, xiamoi mi a1 bahkan menggunakan Iphone.

Kelebihan lain dari smartphone adalah didukung dengan software yang mumpuni, tentu ini akan membantu meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera kamu. Sebut saja fitur AI (Artificial Intelegent) atau Kecerdasan Buatan yang sudah disematkan dibeberapa smartphone, ia mampu membantu kamu mengenali objek yang sedang di bidik. Mampu mengenali teks, foto makro, serta mengenali objek tanaman tanpa harus menyetting lagi.

Dari fitur tersebut seharusnya bisa menjadi modal awal kamu untuk mengembangkan potensinya, salah satunya untuk memotret galaksi atau milky way, bintang, dan benda langit lainnya hanya bermodalkan handphone.

Sebelum menuju lebih jauh tentang tutorial ini, hal yang paling kamu perhatikan adalah untuk memotret galaksi dilakukan pada malam hari dan membutuhkan bentangan foto yang lebih panjang. Jadi kamu harus menggunakan tripod atau semacamnya untuk menjaga kestabilan smartphone kamu ketika memotret. Karena kalau mengambil dalam keadaan "shake" atau bergetar, bisa dipastikan foto yang kamu hasilkan tentu tidak maksimal atau tidak fokus.

Persiapan Awal Astrofotografi Smartphone

Sudah saya sebutkan peralatan awal yang dibutuhkan selain smartphone adalah tripod, bebas mau ukuran yang berapa saja yang penting tidak terlalu pendek (gorillapod) karena akan menggangu visibilitas kamu terhadap layar.

Setelah menggunakan tripod, selanjutnya kamu harus menemukan tempat yang minim cahaya. Karena cahaya sekitar yang berlebihan akan mengganggu proses foto milky way. Bebas, bisa ditengah tanah lapang, pinggir pantai, atas rumah, atau dimanapun itu.

Selanjutnya smartphone kamu harus support mode manual/mode pro/atau apapun itu sebutannya pada aplikasi kamera kamu. Jadi mode manual ini memungkinkan kamu melakukan pengaturan yang lebih fleksibel dan kompleks. Sebut saja Apperture, ISO, Shutter Speed dan lain sebagainya. Bisa dibilang mode manual ini seperti fitur lengkapnya DSLR namun ada di HP. Ketiga parameter tersebut akan membantu kamu untuk menghasilkan foto Astrofotografi dengan kualitas bagus.

Aperture

Fitur ini berguna untuk mengatur bukaan kamera kamu, Aperture memiliki simbol f dengan berbagai tingkatan mulai dari f/5.0 f/4.0 f/3.0 f/2.0 dst Semakin kecil angka aperture ini maka semakin lebar jendela kamera terbuka.

ISO

Hampir sama dengan aperture, ISO ini adalah sensitivitas sensor kamera dalam menerima cahaya yang masuk. Sebab itulah ketika kamu memotret pada malam hari, ISO ini merupakan peranan penting karena mampu menangkap cahaya lebih banyak. Biasanya pada kamera bertuliskan ISO, sama dengan aperture ia memiliki tingkatan seperti ISO 50, ISO, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 64000 dan seterusnya. Namun bedanya semakin besar angkanya, maka semakin sensitive sensor cahaya ketika menangkap cahaya.

Shutter Speed

Terakhir adalah Shutter Speed atau kecepatan rana (pengambilan gambar), yaitu waktu yang diperlukan sensor kamera ketika menangkap cahaya. Biasanya disimbolkan dengan huruf S. Untuk penggunaan Shutter Speed ini disesuaikan dengan Aperture (bukaan) dan ISO (Sensitivitas sensor).

Setidaknya ketiga pengaturan diatas harus ada pada kamera kamu. Namun jika kamera bawaan kamu belum ada mode manualnya, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada di Play Store atau App Store. Contoh Camera FV-5. Manual Camera, dll. Kamu bisa search dan akan menemukan banyak aplikasi serupa.

Memotret Astrofotografi Menggunakan Semua Jenis Smartphone

Setelah menyiapkan beberapa hal penting diawal, sekarang anda sudah siap memotret. Beberapa foto dibawah ini saya ambil menggunakan Smarpthone dari Realme type Realme 5i. Sedangkan untuk pengaturannya adalah Aperture f/2, ISO 3200, dan Shutter Speed 3200.

NB: Sebenarnya belum bisa disebut memotret galaksi, sebab pada saat pemotretan bukan jadwal galaksi muncul, namun secara konsep hampir sama dengan astrofotografi.

Contoh Hasil Astrofotografi Menggunakan Semua Jenis Smartphone

Contoh Hasil Astrofotografi Menggunakan Semua Jenis Smartphone

Contoh Hasil Astrofotografi Menggunakan Semua Jenis Smartphone

Contoh Hasil Astrofotografi Menggunakan Semua Jenis Smartphone

Contoh Hasil Astrofotografi Menggunakan Semua Jenis Smartphone

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya disebabkan oleh banyak sekali faktor ya. Mulai dari cuaca, tempat pengambilan gambar, hingga waktu. Jadi, kamu bisa melakukan improvisasi dari pengaturan 3 fitur tadi hingga menemukan "resep" yang pas.

Sedikit tambahan buat kamu yang ingin memotret Galaksi, kamu bisa menggunakan peta langit. Peta ini sangat berguna untuk kamu yang bingung dengan posisi yang pas untuk memotret galaxy. Aplikasi ini juga bisa kamu download dan install melalui Play Store dan App Store, seperti Celestron Skyportal, Stellarium Mobile, Star Chart, Star Walk 2, Night Sky Lite. Aplikasi pihak ketiga ini akan sangat membantu kamu menemukan spot galaksi yang tepat, mulai dari posisi hingga jadwalnya.

Oke, mungkin hanya sampai disini saja postingan yang bisa kami tulis tentang Cara Memotret Bintang dengan Semua Type Android. Jika postingan ini bermanfaat, silahkan share pada sosial media yang kalian miliki.
M Lukmantoro
M Lukmantoro Blogger Tampan Dari Ujung Timur Pulau Jawa

Post a Comment for "Memotret Bintang Di Semua Tipe Android, Dijamin Berhasil!"