Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Wawancara Kerja

Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Wawancara Kerja - Apakah anda merasa gelisah saat mempersiapkan wawancara kerja? Jika anda tidak mempersiapkan mental hingga kesehatan yang prima, maka akan berdampak buruk terhadap kinerja wawancara anda.

Hal Penting Yang Perlu Diingat Saat Mempersiapkan Wawancara
Interview adalah pintu awal sebelum secara resmi anda diterima disebuah perusahaan impian anda. Jika tidak diperhatikan dengan serius, maka wawancara anda bisa dipastikan sulit atau bahkan gagal mendapatkan approval dari HRD.

Jika anda mencari informasi tentang hal hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi wawancara kerja, maka postingan mengenai Hal Penting yang perlu dipersiapkan sebelum wawancara kerja ini sangat perlu anda simak.

1. Research Pengetahuan anda tentang sejarah hingga latar belakang perusahaan

Hal yang perlu anda ketahui adalah perusahaan mencari pekerja yang sesuai dengan misi dan visi perusahaan. Akan terlihat konyol jika anda tidak mengetahui latar belakang perusahaan yang hendak anda lamar.

Mengetahui sejarah dan latar belakang perusahaan sangat penting saat mempersiapkan wawancara. Karena dari sana anda bisa mengetahui seperti apakah sikap dan tujuan anda melamar pekerjaan diperusahaan tersebut.

2. Simpan semua informasi tentang tanggung jawab pekerjaan anda

Perusahaan memasang info lowongan pekerjaan sesuai dengan devisi yang dibutuhkan, nah penting sekali ketika sebelum wawancara, anda harus mengumpulkan informasi tentang tanggung jawab pekerjaan sesuai posisi yang telah ditentukan.

Seperti contoh ketika anda hendak melamar pekerjaan menjadi seorang manager, maka anda harus memahami betul apa saja yang perlu anda perhatikan dan semua tanggung jawab dari posisi pekerjaan tersebut.

3. Kumpulkan prediksi pertanyaan yang akan muncul

Ketika anda melamar pekerjaan tentang seorang desainer, maka prediksi pertanyaan yang muncul kemungkinan besar tentang seberapa besar pengetahuan anda tentang sebuah anatomi desain, seperti faham tentang warna, aplikasi, dll.

Kumpulkan prediksi pertanyaan ini sebanyak mungkin, lalu fahami betul kalau perlu hafalkan hingga anda siap untuk menerima pertanyaan dari pewawancara.

4. Berlatih menjawab pertanyaan wawancara dengan orang lain

Melakukan latihan dalam menjawab pertanyaan adalah ide bagus. Ajak teman anda untuk membantu memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sudah anda kumpulkan tadi.

Dari sana anda bisa memahami sejauh mana anda menguasai jawaban-jawaban dari pertanyaan sebelumnya.

5. Pahami resume dan riwayat pekerjaan anda

Setelah membuat resume dan riwayat pekerjaan, anda harus memahami apa saja yang menjadi kelemahan anda dalam riwayat pekerjaan seperti kesenjangan pekerjaan anda sebelumnya.

Memahami kelemahan ini akan membantu anda dalam menjawab pertanyaan pewawancara dengan baik.

6. Buat daftar prestasi yang anda banggakan

Setelah kelemahan yang mungkin saja bisa terjadi, maka anda juga harus membuat daftar prestasi yang pernah anda raih ke dalam resume dan riwayat pekerjaan anda.

Daftar prestasi ini akan sangat penting dan akan jadi pertimbangan terbaik oleh HRD kepada anda. Masukkan semua riwayat prestasi anda untuk memberikan kesan yang baik pada pengalaman yang anda punya.

Mungkin hanya sampai disini saja pertemuan kita kali ini mengenai Hal Penting Yang Perlu Diingat Saat Mempersiapkan Wawancara. Jangan lupa untuk share postingan ini kepada orang terdekat, agar mereka juga mendapat manfaat artikel ini.
M Lukmantoro
M Lukmantoro Blogger Tampan Dari Ujung Timur Pulau Jawa

Post a Comment for "Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Wawancara Kerja"