Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Google : Crawling, Pengindeksan, Sampai Menampilkan Posting

Cara Kerja Google : Crawling, Pengindeksan, Sampai Menampilkan Posting
Cara Kerja Google : Crawling, Pengindeksan, Sampai Menampilkan Posting

Cara Kerja Google : Crawling, Pengindeksan, Sampai Menampilkan Posting - Google adalah perusahaan raksasa yang namanya besar berkat produk mesin pencarinya yang populer. Search Engine yang hampir digunakan oleh semua orang di dunia maya.

Ratusan juta kueri dan kata kunci di dimasukkan setiap harinya dengan menggunakan layanan yang ada. Hingga hasil pencarian yang sangat relevan menjadikannya sangat diperhitungkan.

Audience tersebut lah yang memancing banyak webmaster berbondong-bondong mengoptimalkan websitenya supaya bisa menikmati "kue" lezat dari banyaknya pengguna google.

Dari sana, muncul sebuah teknik untuk memanipulasi sistim yang sudah ada...

...teknik ini yang populer di sebut dengan SEO (Search Engine Optimation).

SEO adalah sebuah upaya untuk mengoptimalkan website / blog agar bisa muncul di hasil pencarian google berdasarkan kueri atau kata kunci yang di ketikkan oleh pengguna.

Dari hasil inilah webmaster di untungkan dengan trafik gratis yang diberikan Google untuk website mereka.

Jika Anda adalah webmaster tool yang tak sengaja masuk di postingan ini, saya ucapkan Selamat! Anda masuk ke halaman yang paling cocok...

...karena kami akan share teknik ini untuk Anda.

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah sebelum Google menampilkan hasil pencarian website berdasarkan kata kunci, google akan melakukan serangkaian langkah-langkah sederhana, seperti berikut:
  1. Crawling
  2. Penyempurnaan Crawling
  3. Pengindeksan
  4. Penyempurnaan Pengindeksan
  5. Terakhir Menampilkan Hasil
  6. Penyempurnaan Penayangan
Tahap awal Cara Kerja Google akan melakukan crawling atau menambahkan blog pada database indeks mereka, selanjutnya Googlebot akan memproses setiap halaman per halaman, link per link, konten per konten dan menyusun indeks tersebut dalam jumlah besar...

...dari hasil indeks itulah, cara kerja Google dapat menampilkan hasil pencarian se-relevan mungkin dengan apa yang di cari oleh pengguna.

Apakah proses Googlebot sesederhana itu?

Tentu saja tidak :D

Itu hanya gambaran singkat mengenai cara kerja google dalam menampilkan hasil pencarian, karena pada prakteknya proses yang harus di lalui sebenarnya sangatlah kompleks.

Berbagai faktor yang menjadi acuan itu sangatlah banyak, seperti yang di lansir oleh Backlinko setidaknya ada 200 faktor ranking yang harus Anda ketahui...

...namun saya tidak akan membahasnya pada pertemuan kali ini, saya akan membuat postingan lain tentang itu.

Kita akan membahas terlebih dahulu mengenai Cara Kerja Google dalam merangking sebuah website.

OK! kita akan mulai...
Crawling
Crawling

1. Crawling

Seperti yang sudah saya bahas di atas, Crawling adalah proses yang dilakukan Googlebot untuk menjaring sebanyak mungkin halaman yang terdaftar di internet.

Bisa Anda bayangkan betapa sibuknya Google bot dalam mengambil data ini?

Lantas apakah kita masih perlu mendaftarkan blog kita ke search engine? Kan sudah ada Googlebot yang bertugas men-data itu semua?

Tentu tidak, justru kita harus mendaftarkan blog kita ke Googlebot terlebih dahulu. Kenapa? Mendaftarkan web atau blog ke database mereka adalah cara cepat agar kita mendapatkan antrian yang lebih awal.

...daripada menunggu, bagusnya kita "menjemput bola" bukan?

Proses crawling ini di mulai dengan mendaftar URL halaman web, selanjutnya Google Bot akan mendeteksi berbagai macam konten seperti Link, Gambar, dan lain sebagainya...

...termasuk mengikuti link dari situs atau halaman lain (Backlink) hingga membaca peta situ (Sitemap).

Proses crawling ini akan memakan waktu yang cukup lama, sehingga kita harus melakukan teknik untuk membantu googlebot dalam menemukan halaman yang tepat. Caranya adalah sebagai berikut:

Penyempurnaan Crawling

  • Mengirimkan peta situs (sitemap) ke database google (melalui webmaster tools)
  • Kirimkan pula permintaan crawling melalui menu Fetch as Google di halaman Webmaster tools
  • Gunakan URL yang sesingkat mungkin dan user friendly contoh : hxxp://www.domainanda.com/teknik-seo daripada menggunakan hxxp://www.domainanda.com/teknik-seo-adalah-teknik-bla-blablablabla
  • Menggunakan robot.txt secara bijak, jika Anda masih awam akan hal ini sebaiknya searching dulu :D kebanyakan webmaster settingan seperti ini:

Pengguna Blogger:

User-agent: Mediapartners-Google
User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0
User-agent: *
Disallow: /search
Sitemap: hxxp://domainanda.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Pengguna Wordpress:

User-agent: Mediapartners-Google
User-agent: Googlebot
User-agent: *
Disallow: /search
Sitemap: hxxp://www.domainanda.com/sitemap.xml

Bagaimana cara memasangnya? Google luas gan hehe.

  • Mengidentifikasi halaman kanonis dengan jelas, halaman kanonis adalah sebuah parameter yang di gunakan untuk bahasa yang digunakan seperti <html lang="id"> "id" adalah bahasa indonesia, jika blog Anda berbahasa inggris gunakan <html lang="en">

2. Pengindeksan

Langkah googlebot selanjutnya adalah melakukan pengindeksan atau melakukan koleksi informasi berdasarkan data yang di dapatkan dari proses crawling tadi.

Seperti menyusun hasil indeks, mengidentifikasi kembali link yang mati (Broken Link), hingga memproses informasi pada atribut dan tag seperti atribut alt dan tag <title>.

Penyempurnaan Pengindeksan

  • Gunakan fitur Index dan NoIndex pada setting robot.txt, fitur ini yang akan memudahkan google untuk mengetahui halaman manakah yang boleh di indeks maupun yang di sembunyikan.
  • Menggunakan data terstruktur seperti template yang seo friendly dan teroptimasi dengan baik
  • Membuat postingan yang user friendly dalam artian memang ditujukan untuk pembaca artikel Anda.
  • Jangan menggunakan teknik "Blackhat"
  • Baca panduan SEO yang diberikan oleh google sendiri
Menampilkan Hasil
Menampilkan Hasil

3. Menampilkan Hasil

Pada proses inilah googlebot akan melakukan selektif pada web-web manakah yang relevan dengan apa yang di maksud oleh pengguna. Relevansi ini di tentukan oleh banyak faktor, yaitu 200 faktor seo.

Selain dari relevansi, google juga menghitung dan memberikan peringkat terbaik untuk web yang memberikan pengalaman pengguna yang baik...

...seperti contoh bounce rate yang kecil.

Nah, untuk meminimalisir terjadinya bounce rate yang tinggi adalah dengan cara mengoptimalkan website agar responsive atau mobile-friendly...

...dalam artian bisa diakses melalui berbagai macam media, seperti laptop maupun smartphone.

Penyempurnaan Penayangan

  • Sebisa mungkin web Anda dapat di muat lebih cepat
  • Hindari dupliklat konten yang akan memberikan nilai buruk untuk website Anda
  • Gunakan berbagai macam konten di dalam artikel Anda seperti Video, Gambar, Referensi Tempat, Kontak, hingga Rich Snippet. Semakin banyak konten yang termuat dalam artikel Anda, maka Google akan menganggap artikel Anda kaya akan informasi
  • Template AMP akan sangat bagus Anda terapkan, jika sudah terlanjur menggunakan template non-amp tidak masalah :D

Kesimpulan:
Cara Kerja Google atau Algoritma google akan selalu berubah dengan seiringnya waktu, hal ini merupakan upaya google dalam memberikan informasi yang terbaik untuk pengguna...

...kita sebagai webmaster harus faham ini.

Yak mungkin hanya sampai disini pertemuan kita kali ini, jangan lupa untuk share atau bagikan postingan ini pada webmaster dan sahabat Anda.

Yuk jadi manfaat untuk orang sekitar.
M Lukmantoro
M Lukmantoro Blogger Tampan Dari Ujung Timur Pulau Jawa

Post a Comment for "Cara Kerja Google : Crawling, Pengindeksan, Sampai Menampilkan Posting"