Hemat Biaya Dengan Custom Domain Blogspot

Domain untuk sebuah niche blog memang diperlukan, tapi jika ingin memiliki niche seperti Android, Teknologi, Atau Komputer jelas semakin sulit menentukan nama apa yang cocok. Selain itu, domain dengan nama Andro, Tekno, sudah bertebaran di mesin pencari, entah itu sudah dipakai, atau sedang dijual ulang dari penyedia layanan.

Ada solusi untuk memiliki niche tertentu tanpa memiliki domain TLD baru, dengan subdomain dari domain TLD utama kita. Misalkan Anda memiliki blog utama dengan nama www.orgiby.com dengan niche sharing pengalaman, lalu Anda dapat menggunakan subdomain untuk membuat blog dengan niche yang lebih spesifik untuk blogging misalnya dengan nama blog.orgiby.com , Anda cukup pergi ke DNS MANAGEMENT dari tiap penyedia layanan domain yang Anda gunakan.

Selain menghemat biaya (karena Anda hanya akan membayar biaya domain utama Anda di tahun berikutnya) , pengunjung akan tau siapa pemilik blog tersebut dan memungkinkan mereka untuk mencari tahu blog utama Anda. Untuk lebih jelasnya berikut ini tutorial menggunakan custom domain blogspot.

1.) Pertama silahkan buat blog baru di blogger.com

2.) Masuk ke menu DNS MANAGEMENT dari penyedia layanan nama domain TLD Anda, disini saya menggunakan layanan Rumahweb.com

3.) Silahkan pilih menu Add New Record

4.) Pada kolom Domain silahkan ketik nama yang Anda inginkan > ubah Record Type menjadi CNAME > pada kolom Hostname isikan ghs.google.com > Add Record

Hemat Biaya Dengan Custom Domain Blogspot

5.) Hasil Add Recordnya nanti seperti dibawah ini

Hemat Biaya Dengan Custom Domain Blogspot

6. Tunggu 5-10 Menit, kembali ke draft blogger Setelan > Dasar > Alamat Blog dan klik + Siapkan URL pihak ketiga untuk mulai memasang sub domain.

Hemat Biaya Dengan Custom Domain Blogspot

7.) Save, Anda cukup memasukan sub domain pada kolom yang disediakan seperti pada contoh di atas abaikan kolom ceklist yang muncul. (Saya menggunakan tube.orgiby.com untuk blog kedua saya yang membahas ulasan film dari YouTube)

Selesai, kini blog Anda telah menggunakan sub domain. Selanjutnya Anda dapat mengaktifkan HTTPS pada blog di sini untuk memastikan keamanannya. Mudah bukan, cara ini tentu berlaku untuk seluruh penyedia layanan domain yang Anda gunakan. Jadi Anda dapat menghemat biaya sewa ketika ingin memiliki blog dengan niche niche yang berbeda.

Selamat mencoba...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

  1. udah diterapin kalau ini kak, tapi sampai sekrang belum ada solusi untuk ssl dari blogger. soalnya tidak tersedia terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusi ssl dari blogger kan sudah resmi tersedia mas

      Delete
    2. betul mas udh bnyak tutorialnya kok, yang pke ssl gratis dari cloudflare juga udh pd pindah ke blogger kok

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel