Definisi Hypertext Transport Protocol Secure "HTTPS"

Sering kita menjumpai HTTP / HTTPS saat berselancar di internet. Tapi, masih banyak yang belum mengetahui apa definisi dari HTTPS itu sendiri.


Hypertext Transport Protocol Secure (HTTPS) adalah varian dari protokol transfer web standar (HTTP) yang menambahkan lapisan keamanan pada data transit melalui lapisan soket aman (SSL) atau koneksi protokol keamanan lapisan transport (TLS).

HTTPS memungkinkan komunikasi terenkripsi dan koneksi aman antara pengguna jarak jauh dan server web utama. Mirip dengan HTTP, HTTPS ini adalah seperangkat aturan untuk mentransfer permintaan hypertext antara browser dan server, namun kali ini dilakukan melalui koneksi terenkripsi yang aman.

HTTPS memang dirancang untuk menyediakan lapisan keamanan yang ditingkatkan melalui protokol HTTP tidak aman untuk data sensitif dan transaksi seperti rincian penagihan, transaksi kartu kredit dan login, dll.

HTTPS mengenkripsi setiap paket data dalam transisi menggunakan teknik enkripsi SSL atau TLS untuk menghindari peretas perantara dan penyerang untuk mengekstrak konten data, bahkan jika koneksi terganggu sekalipun.

HTTPS dikonfigurasi dan didukung secara default di sebagian besar browser web dan memulai koneksi aman secara otomatis jika server web yang diakses meminta koneksi aman. HTTPS bekerja bersama dengan otoritas sertifikat yang mengevaluasi sertifikat keamanan dari situs web yang diakses.

Nah, jadi sekarang Anda sudah paham apa itu HTTPS dan pastinya Anda bisa memilih melakukan log in user yang ada di situs web yang menggunakan HTTPS. Semoga bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel