Ada Keuntungan Antara Guru, Orang Tua, dan Murid Dari Kegiatan Blogging

Ada Keuntungan Antara Guru dan Siswa-siswi Dari Kegiatan Blogging - Jika Anda adalah gurunya, blogging dengan siswa-siswi (sma sederajat) Anda di kelas dapat menjadi cara yang menyenangkan dan positif untuk tetap terhubung dan berbagi dengan Anda secara teratur. Ada banyak manfaat pendidikan yang dapat diperoleh siswa-siswi dari blogging. Saya hanya ingin menyampaikan beberapa manfaat dari blogging di sekolah.


Yang Pertama Tentu Saja Terjalin Komunikasi Yang Baik Antara Guru, Siswa-siswi dan Orang tua.



Setiap Orang tua tentu saja ingin terus (meskipun tidak) diberi tahu tentang apa yang dipelajari anak mereka, apa yang mereka lakukan di sekolah hari itu, dan bagaimana mereka pergi ke sekolah. Terutama pada awal tahun pelajaran di sekolah. Orang tua juga pasti senang seandainya bisa melihat foto anak mereka sedang serius belajar atau mengerjakan tugas di dalam kelas.

Sangat bagus untuk Anda sebagai Guru menyempatkan mengambil beberapa foto atau video pendek setiap hari. Tidak butuh waktu lama dan membantu menjaga komunikasi terbuka antara Orang tua di rumah dan sekolah. Pada akhir pekan atau di hari libur, Anda dapat secara langsung memposting foto dan video di blog pribadi Anda dengan ringkasan pembelajaran yang terjadi. (Pastikan Orang tua dan siswa-siswi sudah tahu alamat blog / situs web Anda)

Dengan membuat postingan kegiatan selama satu minggu penuh yang Anda terbitkan di hari libur, bagi saya ini dapat menjadi suatu dorongan bagi Orang tua untuk mengomentari postingan Anda, melihat respon mereka dan memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk membalas. Yaah, meskipun terlihat mudah hanya untuk dibicarakan tapi apa salahnya jika Anda mulai mencobanya dari sekarang.


Lebih Mudah Melakukan Sosialisasi Keamanan Internet Untuk Orang tua dan Siswa-siswi.

Melalui kegiatan blogging seorang guru, kesempatan mengajar untuk menginformasikan siswa tentang keamanan cyber secara alami akan terjadi. Secara tidak langsung ada pelajaran baru yang berdiri sendiri, pengajaran keselamatan dunia maya harus menjadi percakapan yang berkelanjutan dengan siswa-siswi Anda.

Ketika kesempatan ini terjadi, mulailah diskusikan dengan siswa-siswi Anda pentingnya aktivitas online yang aman dan bagaimana menjadi anggota komunitas online yang bertanggung jawab. Diskusikan dengan siswa-siswi Anda cara menjaga diri mereka tetap aman saat online dan apa yang harus dilakukan jika mereka disajikan dengan konten yang tidak aman.


Ada Peningkatan Keterampilan Literasi Secara Alami.

Kegiatan blogging yang dilakukan seorang guru secara tidak langsung akan mengajak tanpa ada ajakan, secara alami mengharapkan siswa-siswi untuk berpartisipasi, belajar memulai blogging dapat meningkatkan keterampilan dan keterlibatan literasi. Blogging memberikan siswa dengan tujuan untuk menulis, yang pada akhirnya mendorong mereka untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih berkualitas.

Blog juga merupakan alat yang sempurna untuk mengajarkan konvensi ejaan, tata bahasa, dan penulisan. Dalam prosesnya, secara alami siswa-siswi dapat memahami pentingnya mengoreksi diri sebelum mempublikasikan apapun ke komunitas online. Banyak sekali anak sekolah saat ini sudah saling merasa tidak punya tanggung jawab atas apapun yang mereka unggah ke media sosial.

Mulai dari foto, status, komentar, dan kegiatan apapun yang sebenarnya merugikan mereka tapi logika mereka cukup kuat mengatakan ini diri mereka sendiri, hak mereka, dan cara mereka bersenang-senang. Anda dapat mencegah doktrinasi yang kian menggila di tahun-tahun berikutnya.


Yang terakhir adalah, Adanya Peningkatan Keterampilan TIK dan Punya Koneksi Global Antar sekolah.

Melalui penggunaan blogging, siswa-siswi dapat mengembangkan keterampilan TIK mereka, menjadi lebih baik dan siap untuk masa depan. Pengetahuan siswa-siswi Anda tentang ketrampilan, seperti cara pintas keyboard, penelitian online dan penerbitan, akan meningkatkan kepercayaan diri mereka yang lebih besar saat menggunakan teknologi di dalam dan di luar kelas.

Salah satu manfaat paling menarik dari blogging yang diterapkan seorang guru adalah siswa-siswi berkesempatan untuk terhubung dengan siswa-siswi lain, ruang kelas dan sekolah di seluruh dunia. Kelas Anda dapat terhubung dengan kelas lain di mana saja di dunia sebagai 'teman' blogging atau untuk mengajukan pertanyaan ketika meneliti tentang topik yang berbeda. Ini memberi siswa pemahaman dan toleransi yang lebih baik terhadap dunia tempat mereka tinggal dan memberi mereka koneksi global.


Orgiby.com - Sebenarnya masih banyak keuntungan lain yang tidak saya sampaikan disini, tapi beberapa poin di atas saya rasa cukup menjadi sedikit gambaran bahwa Anda dapat berbagi banyak hal di sekolah untuk Orang tua mereka di rumah serta mengendalikan siswa-siswi untuk lebih terarah daripada mereka melakukan dan mencari jalan sendiri secara online tanpa ada yang membenarkan. Karena tidak semua konten pendidikan di Internet itu baik. Jadilah guru yang mengikuti perkembangan zaman. Semoga bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

  1. Boleh juga. Tapi kayaknya belum bisa diterapkan keseluruhan di sekolah Indonesia yg seperti ini.
    Buat memancing motivasi dan kreativitas guru jg kayak gini ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, gk tiap sekolah juga memperbolehkan guru gunain gadget di kelas, Yang direkomendasikan bgt sebetulnya ya wali kelas, hehe

      Delete
  2. Kalau gurunya ngeblog, seperti Pak Martin dari Karakabuguru dan Kakavila itu, saya pikir sudah langkah yang baik meskipun memang belum semua guru ngeblog; apalagi murid/siswa/mahasiswa.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel