Sebelum Membeli Memory Card Untuk Kamera, Pahami Dahulu Jenis-Jenisnya

Sebelum Membeli Memory Card Untuk Kamera, Pahami Dahulu Jenis-Jenisnya - Jika Anda seorang fotografer, atau hanya sekedar mengabadikan koleksi foto perjalanan Anda, tentu yang paling ditakuti yang bisa terjadi pada adalah kehilangan file foto. Masalah besar lainnya adalah ketika Anda akan mengambil bidikan tiba-tiba Memory Card Anda kosong.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk memiliki satu atau dua Memory Card. Memilih Memory Card yang tepat untuk kamera Anda juga sangat penting. Ada yang harus Anda perhatikan sebelum pergi membeli Memory Card untuk kamera Anda, pertama-tama pastikan Anda memahami apa yang Anda cari.

Memory Card adalah Memory Card penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan berbagai data seperti foto, dokumen teks, video, dan file audio. Perangkat kecil dan portabel seperti ponsel, pemutar mp3, dan dSLR menggunakan kartu ini. Namun, Anda dapat memilih untuk tidak menggunakan Memory Card untuk menyimpan foto dan video Anda.


Jenis Memory Card


Kartu memori datang dalam berbagai ukuran, bentuk, dan kadang-kadang, desain. Meskipun mereka memiliki fungsi yang sama, tidak semuanya dapat digunakan dengan semua jenis kamera. Mayoritas kamera digital di pasaran saat ini hanya kompatibel dengan satu jenis Memory Card.

Jadi, hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah merek atau model kamera Anda dan jenis Memory Card apa yang dapat digunakan dengannya - ini bukan hanya tentang membeli Memory Card Kelas 10 pertama yang Anda temukan di toko, itu juga perlu sesuai dengan kebutuhan Anda dan kamera Anda.

Dalam beberapa kasus, Anda dapat menggunakan adaptor untuk Memory Card yang ukurannya lebih kecil, tetapi tidak ada jaminan bahwa ini akan berfungsi di semua kamera. Karena itu, penting untuk terlebih dahulu mengenal berbagai jenis Memory Card sebelum Anda pergi dan membelinya.

Berikut ini 6 jenis kartu memori yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya untuk kamera kesayangan Anda:


1. Secure Digital Memory Card


Sebelum Membeli Memory Card Untuk Kamera, Pahami Dahulu Jenis-Jenisnya

SD Card atau Secure Digital Memory Card adalah tipe yang paling populer, paling banyak digunakan. Ini kompatibel dengan hampir semua jenis kamera digital. Anda tidak akan kesulitan untuk mencari Memory Card ini karena tersedia dari sebagian besar toko elektronik, online, dan tentu saja, di semua toko kamera.


2. Memory Card SDHC


Sebelum Membeli Memory Card Untuk Kamera, Pahami Dahulu Jenis-Jenisnya

Memory Card SDHC dibuat sebagai versi kartu SD yang lebih baik. Ini memiliki kapasitas maksimum yang lebih tinggi (4GB - 32GB) - lebih banyak foto dan video untuk Anda simpan. Bahkan jika SDHC terlihat seperti kartu SD dan mungkin muat di dalam slot Memory Card kamera Anda, mungkin tidak kompatibel dengannya karena kamera Anda mungkin telah dikembangkan sebelum Memory Card Kapasitas Tinggi Digital Aman dibuat.


3. Memory Card SDXC


Sebelum Membeli Memory Card Untuk Kamera, Pahami Dahulu Jenis-Jenisnya

Jika Anda selalu menyimpan foto dan video dalam jumlah ribuan, Anda akan membutuhkan Kapasitas Digital aman dan besar atau Memory Card SDXC. Ini memang memiliki teknologi yang lebih baru dibandingkan dengan SD dan SDHC, jadi bahkan jika itu cocok dengan slot Memory Card normal, kamera Anda mungkin tidak mengenalinya. Selain itu, tidak semua komputer kompatibel dengan SDXC, jadi Anda harus mengingatnya juga. Namun, kapasitas maksimum 2 Terabyte seharusnya cukup untuk membuat Anda menginginkan / membutuhkannya.


4. Memory Card CF


Sebelum Membeli Memory Card Untuk Kamera, Pahami Dahulu Jenis-Jenisnya

Kartu memori lain yang biasa digunakan adalah CompactFlash, yang digunakan di banyak kamera DSLR. Keuntungan terbesar dari Memory Card CF, selain kapasitas penyimpanannya yang tinggi, adalah chip pengontrol di dalamnya yang memungkinkan Anda menikmati pemrosesan cepat. Ini adalah kecepatan Memory Card yang banyak disukai fotografer. Jika Anda akan menggunakan ini, Anda harus menentukan mana dari dua jenis yang akan Anda pilih. Kartu Type II CF memiliki kapasitas yang lebih tinggi. Namun, Anda perlu memastikan bahwa kamera Anda kompatibel dengan kartu Type II CF sebelum mendapatkannya.


5. Memory Card Micro SD


Sebelum Membeli Memory Card Untuk Kamera, Pahami Dahulu Jenis-Jenisnya

Memory Card Micro SD biasanya digunakan di ponsel, karena kartu ini adalah kartu terkecil di pasar. Kapasitas penyimpanannya bisa naik hingga 2GB, meskipun Anda dapat memilih untuk pergi dengan kartu Micro SDHC, yang dapat menyimpan sebanyak 32GB informasi. Pemutar MP3 dan beberapa kamera digital kompak juga menggunakan Micro SD.


6. XD Picture Card


Sebelum Membeli Memory Card Untuk Kamera, Pahami Dahulu Jenis-Jenisnya

Extreme Digital atau XD Picture Card dibuat pada tahun 2002 oleh Fuji dan Olympus. Kartu memori ini membutuhkan adaptor ketika digunakan karena ukurannya yang kecil (panjangnya kurang dari satu inci). Karena kartu ini sangat kecil, kapasitas penyimpanan maksimumnya hanya hingga 512MB.

Juga dalam ukuran kecil, MultiMedia atau MMC Card dapat digunakan dengan kamera yang kompatibel dengan SD, serta telepon seluler dan pemutar MP3. Namun, kapasitas penyimpanannya hanya 512MB. Selain itu, MMC tidak memiliki tombol proteksi tulis, yang berarti foto dan video Anda dapat dihapus tanpa sepengetahuan Anda.


Inilah 6 jenis kartu memori yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya untuk kamera kesayangan Anda. Anda dapat menyimpannya di dalam memori kamera Anda. Tetapi kemudian, Anda tidak akan dapat menyimpan ratusan, dan bahkan ribuan foto jika Anda tetap melakukannya. Jika Anda mencari kemudahan dan kepraktisan, Memory Card adalah opsi penyimpanan terbaik Anda. Ringan dan mudah dibawa-bawa.

Tidak ada prosedur rumit untuk dilakukan sebelum Anda dapat menggunakannya. Yang terbaik dari semuanya, seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat menyimpan foto dan video sebanyak yang Anda mau - tergantung pada resolusinya dan berapa banyak ruang penyimpanan yang Anda miliki, yap tentu saja.
Nah, jika Anda saat ini sedang berencana mencari kartu memori untuk kamera Anda, pastikan kartu seperti apa yang ingin Anda cari. Semoga bermanfaat...

Image source from: Amazon.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel