Cara Mengetahui Ulang DNS CNAME record

Artikel ini saya buat untuk berbagi pengalaman, jika Anda pernah atau sedang mengalamai masalah sama seperti saya dan bingung untuk mengetahui DNS CNAME record ketika ingin mengatur ulang DNS dari penyedia layanan.

Tepatnya sehari yang lalu, saya memiliki domain aktif di salah satu penyedia layanan web hosting terpopuler di Indonesia yaitu IDWebhost. Namun domain tersebut sudah setengah tahun tidak saya pakai lantaran blogspot yang saya kelola pada waktu itu sudah lama sekali saya hapus.

Muncul keinginan saya untuk menggunakan kembali domain tersebut di blogspot baru saya yang khusus saya kelola untuk mengulas film-film terbaru. Tapi pada akhirnya saya pensiunkan dan beralih ke subdomain blog utama "tube.orgiby.com" Tentu saja ada beberapa hal yang perlu dilakukan jika ingin melakukan setting ulang DNS.

Namun,masalah justru terjadi ketika saya mulai menyiapkan url pihak ketiga, ketika ingin mengetahui 2 DNS CNAME record yang biasa akan kita gunakan dalam mengelola DNS. Tiba-tiba saja domain langsung terkait sementara saya belum setting ulang DNS.

Akhirnya saya selesaikan sampai pada tahap seperti gambar dibawah ini:

Cara Mengetahui Ulang DNS CNAME record

Selanjutnya saya coba otak atik cari tahu di halaman google webmaster, karena saya belum pernah sama sekali mengalami hal ini. Sampai akhirnya saya mengetahui DNS CNAME record yang kedua melalui detail verifikasi situs. Jika Anda belum tahu caranya silahkan simak langkah-langkah di bawah ini:

1. Masuk ke Google webmaster tool, search console, pilih properti situs Anda, klik icon gear pilih Verification Details

Cara Mengetahui Ulang DNS CNAME record

2. Selanjutnya klik Verification details pada Ownership of ...

Cara Mengetahui Ulang DNS CNAME record

3. Lanjut klik Details pada DNS CNAME record

Cara Mengetahui Ulang DNS CNAME record

4. Dan akhirnya selesai sudah pencarian DNS CNAME recordnya, hehe silahkan lanjutkan ke menu kelola DNS di penyedia layanan domain Anda

Cara Mengetahui Ulang DNS CNAME record

Nah, jika Anda pernah mengalami kendala seperti saya semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi Anda yang belum mengetahui cara mendapatkan kembali DNS CNAME record berikutnya, selamat mencoba...


Berlangganan update artikel terbaru via email:

  1. Mas kalau saya duluan pusing kalau mengurusian hal-hal seperti ini, blog saya sampai harus diedit ulang beberapa hal termasuk link internal karena si DNS CNAME record. Jujur saya tidak paham cara mengaturnya walau sudah ada tutorialnya, saat saya beli domain di Idwebhost juga, saat pasang ada yang salah euu..

    tetapi berkat bantuan dan bimbingan dari Idwebshost akhirnya bisa. Artikel ini menarik untuk saya mas, biar dibaca ulang. Menarik untuk dibaca dan dipelajari lagi. terus berkarya mas Indra, salam

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel