Cara Manual Dan Mudah Untuk Bikin Android Tetap Fresh

Banyak notifikasi berbau masalah pada Android seperti : "Sayangnya blablabla telah berhenti", Sering restart sendiri, Blank, Kinerja makin lambat, Tidak dapat membaca galeri, File musik tidak terbaca dan sejenisnya adalah salah satu kesalahan paling umum dan paling menjengkelkan bahwa sistem operasi Android sedang terganggu. Kesalahan hanya ditemukan pada smartphone Android.

Jika kita pahami lagi, kita akan menemukan bahwa penggunaan sistem operasi Android berkembang dari hari ke hari. Bahkan, sebagian besar dari kita sepenuhnya bergantung pada perangkat Android. Produsen smartphone tidak menyarankan pengguna untuk bertahan atau setia dengan smatphone yg sudah jadul, karena pengembangan aplikasi, keamanan dan sebagainya terus berkembang dan tentu saja memerlukan banyak ruang penyimpanan, seperti ketika aplikasi seperti aplikasi bawaan Google memerlukan update agar tetap berjalan normal.

Karena Android didasarkan pada Linux dan sumbernya yang sepenuhnya terbuka secara alami, kita juga mendapat beberapa bug pada platform. Pengembang berusaha sangat keras untuk membuat sistem operasi bebas bug, tetapi masih saja ada beberapa bug yang tersisa. Jika Anda mengunjungi artikel ini, sudah pasti Anda pengguna Android, Anda mungkin sering, pernah, atau baru saja mengalami kesalahan berikut: "sayangnya pengaturan telah berhenti" pilihan biasanya: ok,tunggu,batal.

Ini adalah salah satu yang paling umum dan paling menjengkelkan bahwa sistem operasi Android sedang mengalami gangguan. Di sini, kita akan membahas segala sesuatu tentang pengaturan tersebut untuk mengatasinya. Terkadang kesalahan juga terjadi setelah menginstal pembaruan firmware baru. Tapi, ini adalah masalah yang sangat umum untuk saat ini ketika pembaruan KitKat dirilis.

Kesalahan tidak selalu terkait dengan pembaruan perangkat lunak, kadang-kadang aplikasi yang rusak juga memicu kesalahan. Namun, karena ini masalah yang sangat umum, melakukan restart adalah cara yang sederhana untuk memperbaiki masalah. Namun, jika Anda sering mendapatkan pesan kesalahan, maka ada beberapa hal lain yang perlu Anda lakukan.

Berikut adalah beberapa metode terbaik yang akan membantu menyelesaikan masalah. Tata letak menu setiap merk Smartphone Android berbeda beda, jadi gambar yang saya tampilkan di bawah ini adalah gambar yang tata letak menunya hampir sama dari setiap Smatphone Android.


1. Restart Ulang Perangkat Anda

  • Tekan dan Tahan Tombol Daya perangkat Anda. Ini akan menampilkan pop-up di mana Anda perlu menekan Restart / Reboot

Cara Manual Dan Mudah Untuk Bikin Android Tetap Fresh


2. Bersihkan RAM Ponsel Anda Secara Manual

Kurangnya RAM juga memicu masalah seperti ini. Namun, menghapus RAM ponsel adalah proses yang mudah, dan biasakan Anda membersihkan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga apa pun. Biasanya, smartphone sekarang hadir dengan aplikasi pengelola RAM default yang membantu membersihkan RAM hanya dalam satu ketukan.

  • Pertama masuk ke Manajer RAM internal perangkat
  • Anda akan melihat berapa banyak RAM yang digunakan perangkat Anda saat ini
  • Sekarang tinggal ketuk ‘Clear RAM’ untuk membebaskan beberapa RAM
  • Dan, selesai!

Sekarang mulai menggunakan smartphone seperti biasa dan lihat apakah masalah berhasil diperbaiki atau tidak. Jika masalah masih ada, maka ikuti langksh selanjutnya.


3. Hapus Cache Dari Pengaturan

File cache yang rusak berperan penting di balik setiap kesalahan yang terjadi pada smartphone Android Anda. Demikian pula, jika aplikasi Pengaturan Anda telah menyimpan beberapa cache yang rusak, maka itu mungkin penyebab dari kesalahan tersebut. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana yang tercantum di bawah ini untuk mengosongkan cache untuk aplikasi Pengaturan di Android.

  • Pertama buka Pengaturan

Cara Manual Dan Mudah Untuk Bikin Android Tetap Fresh

  • Pilih menu aplikasi terinstal atau Manajer aplikasi
  • Sekarang Anda akan melihat daftar aplikasi yang sudah diinstal pada perangkat Anda
  • Temukan aplikasi yang sering menampilkan masalah dan klik icon aplikasi tersebut
  • Sekarang tekan tombol ‘Force Stop’

Cara Manual Dan Mudah Untuk Bikin Android Tetap Fresh

  • Kemudian gulir ke bawah ketuk ‘Hapus Cache’ dan restart perangkat Android Anda

Cara Manual Dan Mudah Untuk Bikin Android Tetap Fresh

Setelah restart, gunakan smartphone Android Anda secara normal untuk memeriksa apakah kesalahan masih ada. Jika langkah di atas masih gagal juga ikuti langkah selanjutnya.


4. Hapus Cache Perangkat Anda Secara Manual

Dalam metode sebelumnya, kita baru saja membersihkan cache dari Aplikasi di Pengaturan Android. Namun, dalam langkah ini, kita perlu menghapus cache semua aplikasi yang diinstal pada perangkat Anda. Smartphone mungkin sedikit terlihat linglung untuk sementara waktu setelah membersihkan cache, tetapi akan normal kembali beberapa menit setelah penggunaan normal.

  • Pertama, masuk ke Pengaturan di Android Anda, pilih setelan tambahan atau lanjutan

Cara Manual Dan Mudah Untuk Bikin Android Tetap Fresh

  • Temukan dan ketuk pada opsi Penyimpanan, di bawah Penyimpanan, Anda temukan opsi ‘Data Cache’

Cara Manual Dan Mudah Untuk Bikin Android Tetap Fresh

  • Sekarang Anda akan menerima pop-up 'Data Clear Cached'. Klik 'Oke' untuk menghapus file cache

Cara Manual Dan Mudah Untuk Bikin Android Tetap Fresh

Selesai! Ini akan menghapus semua data yang di-cache dari smartphone Android Anda. Sekarang, restart perangkat Android Anda dan gunakan saja. Anda tidak akan kesalahan lagi.


5. Uninstal Aplikasi yang Baru Saja Diinstal

Android atau pembaruan aplikasi memicu Pengaturan Sayangnya telah menghentikan kesalahan pada Android. Jadi, jika Anda merasa bahwa Anda mendapatkan kesalahan setelah menginstal aplikasi pihak ketiga, maka Anda perlu mencopot pemasangan aplikasi tersebut.

Tapi sebelum menghapus aplikasi dan jika Anda merasa bahwa tidak ada yang salah dengan aplikasi yang dipasang, Anda dapat mencoba untuk boot ke mode aman. Mode aman menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga yang diinstal pada smartphone Android Anda. Jadi, jika kesalahan itu terjadi karena aplikasi, Anda tidak akan mendapatkan masalah pada mode Aman.

Jika Anda tidak merasakan kinerja Android anda melemah ketika berada di mode aman, maka tidak ada masalah dengan aplikasi yang terpasang. Jadi, lewati metode ini dan ikuti yang berikutnya.


6. Restart Ulang Ke Pengaturan Pabrik

Nah, pilihan terakhir dan terakhir adalah Factory reset smartphone Android Anda. Biasanya, metode yang disebutkan di atas sangat mungkin akan memperbaiki Pengaturan Sayangnya telah menghentikan kesalahan pada ponsel Android Anda.

Namun, ini adalah opsi jika semua langkah di atas telah gagal, maka opsi terakhir adalah mengembalikan perangkat Android Anda ke setelan pabrik. Ingat, mengatur ulang data akan menghapus semua aplikasi dan file yang diinstal dari perangkat Android Anda. Jadi, pastikan untuk melakukan back-up file dan data terlebih dahulu.

  • Pertama-tama, buka Pengaturan di smartphone Android Anda
  • Sekarang di bawah Pengaturan, Anda perlu menemukan dan klik Cadangkan & Setel Ulang,

Cara Manual Dan Mudah Untuk Bikin Android Tetap Fresh

  • langkah berikutnya, Anda perlu mengetuk ‘Reset Data Pabrik’ atau 'Kembali kebsetelan pabrik'

Cara Manual Dan Mudah Untuk Bikin Android Tetap Fresh

  • Terakhir, ketuk tombol ‘Reset Ponsel’ atau setel ulang telepon

Cara Manual Dan Mudah Untuk Bikin Android Tetap Fresh

Ini akan menghapus semua file yang disimpan di penyimpanan internal Android Anda. Jadi, pastikan untuk mengambil cadangan yang tepat sebelum melakukan metode penyetelan ulang Pabrik. Setelah pengaturan ulang, perangkat Anda akan berfungsi dengan baik dan Anda tidak akan mendapatkan notif "Sayangnya telah terjadi kesalahan" lagi.

Oke, kita telah membahas setiap langkah tentang cara memperbaiki Android dengan cara yang mudah untuk dilakukan. Sebenarnya aplikasi sejenis pembersih Android sama sekali tidak diperlukan, justru langkah manual yang memberikan efek yang jelas. Jadi, jika artikel ini telah membantu memperbaiki kesalahan pada Android Anda, silahkan di share dan semoga bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel