Fitur Google Chrome Yang Selalu Menjadi Andalan

Fitur Google Chrome Yang Selalu Menjadi Andalan - Sejak saya memiliki ponsel Android, Google Chrome adalah browser yang tidak pernah tergantikan. Sempat beralih ke **browser, ****ri, ope****ni, f*r**ox, tapi tidak lebih dari 24 jam saja kembali lagi ke Google Chrome karena sepertinya sudah cukup bersahabat dengan mata dan fitur yang ditawarkanya. Karena itu, 80% aktivitas browsing dengan Android saya lakukan bersama Google Chrome dan 20% sisanya saya pergunakan untuk aktivitas blogging.

Kok sedikit banget hanya 20% ? Iya, betul, karena menu-menu di halaman entri draft-blogger tidak bersahabat dengan jari saya yang terlalu besar. Meskipun sangat mudah mengatasi dengan zoom, rasanya tidak puas jika tidak menatap monitor, ehe. Nah, berikut ini 8 fitur Google Chrome di Android yang memiliki keunggulan dibandingkan browser Android lain.


1.) Menyalin URL lebih Cepat Dan Akurat

Fitur Google Chrome Yang Selalu Menjadi Andalan

Ada beberapa cara berbeda untuk menyalin URL halaman. Metode yang paling umum adalah mengetuk bilah alamat, tekan 'Pilih Semua' di menu teks, lalu tekan Salin. Tidak terlalu cepat memang, terutama karena Anda sering harus memperluas menu teks sebelum kalimat "Pilih Semua" muncul. Untungnya, ada metode yang lebih cepat.

Fitur Google Chrome Yang Selalu Menjadi Andalan

Pertama, Anda dapat menekan tombol Bagikan di menu simbol titik 3 kanan atas. lalu pilih "Salin ke Papan Klip". Pilihan lainnya adalah menekan bilah alamat dengan mengetuknya, yang akan memilih seluruh URL secara otomatis - maka Anda hanya perlu menekan tombol Salin. Jika Anda melihat kunci hijau atau ikon info di bilah alamat, Anda dapat mengetuknya dan menekan URL untuk menyalin.

Terakhir, jika Anda menggunakan Tab Khusus Chrome, Anda dapat menahan di mana saja pada bilah bagian atas dan URL akan disalin.


2.) Mendapat Pemberitahuan Kabar Terbaru Akun Media Sosial di Chrome

Aplikasi Facebook untuk Android tidak pernah terlihat hebat, terutama untuk mengetahui kejadian atau pemberitahuan baru-baru ini. Aplikasi Twitter pun semakin kurang begitu baik, tetapi jika Anda tidak sering menggunakan layanan ini, Anda mungkin tidak ingin aplikasi tersebut menggunakan penyimpanan ponsel Anda. Untungnya, Anda dapat menerima pemberitahuan dari kedua layanan melalui Chrome (atau Firefox, atau Samsung Browser).

Fitur Google Chrome Yang Selalu Menjadi Andalan

Untuk Facebook, masuk ke situs di perangkat Anda, ketuk ikon menu di kanan atas halaman, dan gulir ke bawah ke 'Pengaturan Akun.' Lalu ketuk 'Pemberitahuan' dan tekan tombol 'Aktifkan'.

Untuk Twitter, masuk ke mobile.twitter.com dan ketuk tombol notifikasi. Anda akan melihat opsi untuk menyalakan pemberitahuan push. Jika tidak, ketuk tombol pengaturan di sudut kanan atas, pilih 'Push Notifications,' dan kemudian tekan 'Turn on.'


3.) Mengganti Tab Atau Berpindah Tab Dengan Swipe

Cara paling jelas untuk mengubah tab di Chrome adalah dengan menekan tombol tab dan memilih yang Anda inginkan dari daftar. Tetapi ada dua cara lain untuk mengubah tab saat ini.

Fitur Google Chrome Yang Selalu Menjadi Andalan

Anda dapat menggeser ke kiri dan ke kanan melintasi bilah alamat, atau geser ke bawah pada bilah untuk melihat tumpukan tab secara lengkap.


4.) Download Halaman Setelah Capek Online Untuk Sesegera Mungkin Mencari Halaman Tersebut Lain Waktu

Jika Anda membutuhkan akses ke halaman tertentu, tetapi Anda memiliki koneksi jerawatan, terus-menerus mencoba untuk memuat kembali tentunya dapat membuat Anda sangat frustasi.

Fitur Google Chrome Yang Selalu Menjadi Andalan

Fitur Google Chrome Yang Selalu Menjadi Andalan

Untungnya, Chrome menawarkan solusi untuk ini. Jika Anda mencoba memuat halaman saat offline, Anda dapat menekan tombol 'Unduh halaman nanti'. Segera setelah Anda memiliki koneksi internet, Chrome akan mengunduh halaman dan memberi Anda pemberitahuan. Cukup klik icon titik tiga di pojok atas kanan dan klik icon panah ke bawah (download).


5.) Ketuk satu kata untuk mencarinya

Ini adalah fitur yang cukup sederhana, tetapi tidak diiklankan secara luas. Saat Anda mengetuk kata atau frasa di Chrome, itu akan menampilkan panel info tentang apa pun yang Anda pilih. Menggeser ke atas panel akan menampilkan hasil pencarian untuk pemilihan.

Fitur Google Chrome Yang Selalu Menjadi Andalan


6.) Zoom Situs Web Apa pun Dimana pun Kapan pun

Dalam kebanyakan kasus, situs yang dioptimalkan untuk tampilan seluler tidak memungkinkan pengguna memperbesar dan memperkecil secara manual. Ini dapat mengganggu, dan berbahaya bagi pengguna dengan gangguan penglihatan paling buruk. Untungnya, Chrome menyertakan penggantian di pengaturan browser.

Fitur Google Chrome Yang Selalu Menjadi Andalan

Cukup buka pengaturan Chrome, ketuk 'Aksesibilitas', dan centang kotak di sebelah 'Memaksa pengaktifan zoom.' Sekarang Anda dapat memperbesar masalah apa pun, maksud saya halaman apa pun.


7.) Menonaktifkan Situs Web, Atau Memblokir Suara Sepenuhnya

Chrome di Android memang seharusnya memblokir situs web dari audio yang diputar otomatis, tetapi beberapa situs menemukan metode di sekitar ini (terutama untuk iklan yang diputar otomatis). Di sisi lain, Anda mungkin ingin memblokir semua situs dari memainkan suara secara otomatis, kecuali beberapa yang telah Anda pilih.

Chrome memungkinkan Anda memblokir atau mengizinkan suara untuk semua situs secara universal, dan mengelola pengecualian. Misalnya, Anda dapat mematikan satu atau dua situs yang tidak berfungsi dengan baik, atau menyimpan semua kecuali beberapa situs dari memainkan apa pun.

Untuk melakukan ini, buka Setelan > Setelan Situs dan buka setelan suara.

Fitur Google Chrome Yang Selalu Menjadi Andalan

Ada toggle universal di bagian atas, dan Anda dapat menambahkan aturan tambahan dengan mengetuk tombol plus.

Fitur Google Chrome Yang Selalu Menjadi Andalan

Masih banyak lagi fitur yang belum saya sebutkan, karena hanya 7 fitur ini yang sudah maksimal membantu aktivitas browsing dan blogging yang saya kerjakan. Fitur keren lainya seperti Menu Konteks, Melihat Banyak Tab Sekilas, Download Halaman Jadi PDF, Tombol Home, dan masih banyak lagi. Yang terpenting adalah selalu menawarkan penyimpanan password dan peringatan keamanan jika berkunjung ke situs web yang berbahaya.

Jadi begitulah fitur andalan utama dan keuntungan yang saya dapatkan dari Google Chrome di Android saat tidak sedang bersama perangkat komputer ketika ingin edit postingan blog atau sekedar browsing. Dapatkanlah lebih banyak manfaat dari Google Chrome di Android.

Faktanya memang sepele dan jika dibandingkan soal kecepatan dengan cara lain yang seperti biasanya hanya ada selisih beberapa detik saja. Bahkan jika dibandingkan dengan browser lain yang mengusuh tema browser, Google Chrome tetap biasa saja, karena tidak ingin menyimpang dari tugas utamanya. Meskipun begitu, yang sepele tetap asik buat dibahas. Semoga bermanfaat ya...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel