Blogger Juga Harus Bijak

Sebenarnya belumlah cukup pengalaman yang saya miliki sampai harus berani menulis artikel ini, mudah - mudahan saya selesaikan tulisan ini sampai akhir. hehe...

Semoga ada sedikit saja yang bisa Anda ambil dari apa yang telah saya tulis. Saya mempelajari kisah sukses orang lain dan mencampurkan beberapa pengalaman yang saya lihat dari orang - orang disekitar saya dengan memahami dan mengambil bagian penting yang dapat dikelompokan menjadi beberapa penjelasan dari karakteristik orang - orang bijak untuk dapat menjadi contoh bagi diri saya dan blogger pemula agar tidak selalu memikirkan keuntungan dari blogging.

"Jauh lebih baik untuk mendapatkan hikmat dari pada emas, untuk memilih pengertian dan bukan sebuah penghargaan!"

Sampai hari ini, kita sering melihat orang-orang tidak bisa diam dengan uang dan selalu menggunakan tagihan besar dengan kartu kredit mereka karena mereka tidak sabar untuk mendapatkan produk dan layanan terbaru dan terbaik. Kita melihat orang-orang dengan rumah-rumah besar dan mobil-mobil mahal, tapi dengan hati yang kosong. Kita melihat orang-orang gagal karena keputusan salah yang mereka ambil.

Sebagai blogger yang ingin memiliki pendapatan, terkadang selalu saja ada yang salah jalan. Faktanya, tidak sedikit blogger yang baru memulai blogging selalu bergonta-ganti template, sampai harus melupakan jadwal posting mereka hanya karena template baru yang menurutnya lebih menarik, wajib bagi seorang pemula fokus dengan konten. Dan, tidak sedikit blogger yang tamat karena AdSense, entah itu putus asa karena minimnya pendapatan, sampai berlebihan menempatkan iklan dengan harapan klik yang pada akhirnya menjadi klik tidak valid.

Sebenarnya pengunjung blog kita tidak butuh itu. Mereka hanya ingin pertanyaan mereka teratasi oleh sebuah artikel yang disusun dengan baik dan berkualitas, adapun mereka hanya ingin terhibur rasa penat mereka dengan coretan kita, mereka (pengunjung) tidak peduli dengan banyaknya fitur-fitur dalam blog jika sudah mendapat apa yang mereka cari.

Untuk itu saya ajak Anda memahami beberapa karakteristik orang bijak yang mudah-mudahan dapat kita jadikan contoh ketika akan memulai fokus  mengembangkan sebuah blog dengan tujuan memperoleh pendapatan.

  • Orang Bijak Mengakui Kesalahan Mereka dan Belajar Dari Kesalahan Mereka.

Sudah umum sekali setiap orang akan belajar dari kesalahan mereka karena mereka harus menjalani konsekuensinya. Misalnya, jika Anda pernah meminjamkan uang kepada teman atau saudara yang tidak mau membayar Anda tepat waktu, kurang dari jumlah pinjaman, atau malah tidak terbayarkan , di saat seperti ini Anda harus tetap bijak bahkan jika Anda sempat berfikir tidak akan pernah meminjamkan uang kepada orang-orang ini lagi.

Tidak peduli seberapa keras jatuhnya, selalu bangkit kembali dan mulai lagi. Mulailah dengan mengakui kesalahan Anda, dan kemudian gunakan kesalahan itu sebagai kesempatan belajar. Saat Anda melatih kesabaran, Anda memberi diri Anda kesempatan untuk mengumpulkan informasi dengan benar, dan untuk menimbang semua pilihan.

Karakter seperti ini harus dimiliki oleh seorang blogger, yang harus konsisten melakukan perbaikan-perbaikan dalam penulisan, penyampaian dan pelayanan. Harus bisa menghindari kegiatan copy paste artikel, tidak ada satupun yang benar-benar seorang blogger akan melegalkan cara ini. Kegiatan seperti ini jelas merupakan kesalahan terbesar seorang blogger.

  • Orang Bijak Akan Memilih Mengambil Instruksi dengan rendah hati.

Orang bijak sebenarnya yang dengan polos tanpa wajah cemas mengakui bahwa mereka tidak tahu tentang banyak hal. Mereka mau menerima fakta bahwa orang lain lebih berkualitas dan lebih berpengetahuan daripada mereka, tanpa cemas dan tanpa malu. Dengan menilai pendapat dan pengetahuan orang lain, orang bijak membuka kemungkinan memperoleh dan menyimpan informasi yang lebih berharga. Orang bijak tidak berhak menonjolkan diri, dan mereka menyambut masukan orang lain, sebagai blogger ini sudah sewajibnya kita tanamkan dalam diri kita.

Siapa sih yang tidak ingin blognya dikunjungi banyak orang? Siapa sih yang tidak ingin artikelnya di kritik atau di komentari sebagai bahan diskusi, semua blogger pasti menginginkanya, karena di dalam proses ini kita bisa menciptakan hubungan baik dengan pengunjung.

Saya sering melihat banyak sekali yang hanya bijak di dalam artikelnya namun tidak terlihat dalam hal komunikasi, saya mengetahui ini sejak bergabung dengan banyak grup blogger di facebook, dari situlah saya mulai merasakan bahwa konten yang mereka buat tidaklah murni tulisan sendiri.. Saya malah banyak menemukan artikel jujur dan alami sejak bergabung dengan Tapis Blogger.

  • Orang Bijak Selalu Dapat Menangani Penolakan dan Bangkit Dari Kegagalan.

Orang bijak tidak khawatir tentang penolakan saat meminta promosi ketika melakukan review seperti misalnya kinerja pekerjaan. Orang bijak mengambil tindakan terhadap ide bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan pasif, tanpa khawatir akan kegagalan.

Jika kita tidak mau ambil risiko mengalami kegagalan, kita mungkin tidak akan pernah mendapatkan kesuksesan yang berarti, dan ini sudah harga mati. Naah, ini juga bagian yang bisa diambil dari seorang blogger pemula. Nikmati lah penderitaanya, tidak akan ada yang sia-sia kok, hehe...

  • Orang Bijak Tahu Bahwa Hanya Mereka Yang Bisa Mengontrol Diri Mereka Sendiri.

Orang bijak tidak khawatir dengan apa yang dipikirkan orang lain atau apa yang orang lain lakukan. Mereka tahu bahwa mereka hanya bisa mengendalikan diri dan apa yang dipikirkan orang lain tentang diri mereka tidaklah penting. Misalnya, jika orang bijak tinggal di rumah kecil nan sederhana, karena rumah itu terlihat dari berbagai sudut, dia tidak khawatir dengan keberadaan orang-orang di rumah yang lebih besar dan mahal.

Mereka Dipandu oleh Hikmat dan Kebijaksanaan. Lebih baik dari pada kekayaan. Menurut saya kekayaan itu memang penting, tapi tidak lebih penting dari keluarga, teman, dan kesehatan. Memang, uang harus digunakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan seseorang, tapi seharusnya uang dan kekayaan tidak menjadi tujuan akhir.

  • Orang Bijak Mengetahui Prioritasnya.

Mereka menempatkan waktu keluarga terlebih dahulu, sebelum hobi atau waktu luang. Mereka melunasi hutang terlebih dahulu, sebelum mereka membeli sesuatu yang baru. Orang bijak membiarkan hidup mereka beres, dan mereka tahu di mana mereka harus mengarahkan perhatian mereka.

Mereka terpercaya dan tegas, memperlakukan baik orang lain karena mereka ingin diperlakukan baik oleh orang lain, Anda juga pasti tahu jika hidup ini seperti bercocok tanam, kembali ke diri kita sendiri buah seperti apa yang kelak akan kita petik sebelum mulai menanam.

Sebagai seorang blogger tentu hal ini merupakan tugas awal yang hukumnya wajib, memikirkan konten terlebih dahulu, memperbaiki konten terlebih dahulu, fokus dengan cara-cara penulisan konten atau artikel,  sampai triknya, agar penyampaian bisa tepat diterima oleh pembaca. Barulah belajar memperoleh keuntungan.

Karena mereka yang bijak tahu itu akan membantu mereka, karena mereka yang bijak tau itu tidak akan menyakiti mereka.

  • Orang Bijak Mengambil Resiko yang Telah Diperhitungkan.

Tanpa beberapa risiko, ada sedikit peluang sukses. Orang bijak mengambil risiko untuk mendukung tujuan mereka, tanpa membahayakan diri sendiri atau merugikan orang lain. Karena bagi saya, sebuah cerita yang paling hebat tentang kesuksesan seseorang dimulai dengan seseorang yang mengambil kesempatan.

Mereka tidak menghindar dan meminta saran dari teman dan anggota keluarga yang sukses, dan mereka berbagi kesuksesan dengan orang lain. Orang bijak terus belajar dan meningkatkan basis pengetahuan mereka, dan mereka tahu ini dipengaruhi secara signifikan oleh hubungan yang mereka kembangkan.

Lalu apa lagi hubungan semua ini dalam dunia blogging?

Yah, banyak sekali hubunganya. Karena memulai blogging untuk memperoleh pendapatan itu berbeda dengan memulai blogging dengan bijak tanpa memikirkan sepeserpun pendapatan melainkan manfaat yang dibagikan. Jadi, sukses tidaknya seorang blogger yang menginginkan adanya pendapatan dari blogging adalah dimulai dari seberapa bijak dia tidak fokus memikirkan pendapatan, masih ada waktu yang panjang, pelajaran dasar, mengasah tulisan dan masih banyak lagi yang akan selalu dialami, maka sebaiknya buang jauh-jauh keinginan untuk keuntungan di tahun pertama. Dan ini tidak berlaku untuk blogger personal yang hanya ingin berbagi cerita, justru kualitas menulis mereka bisa jauh lebih baik.

Sebagai penutup dan kata akhir dari saya,
Semoga benar bahwa Anda bisa menjadi orang bijak dengan mulai meniru satu kriteria saja, semoga artikel ini memberi Anda sedikit motivasi kesuksesan. Entah itu mendapatkan pengetahuan, atau wawasan dalam mengambil risiko.

Apakah Anda sudah membuat keputusan keuangan yang bijak dan bagaimana Anda bisa memperbaiki diri? Mungkin saat yang tepat untuk sebuah perubahan adalah ketika kita sudah bisa memulai menghargai hal-hal kecil.

Semoga bermanfaat dan jangan ragu untuk selalu meninggalkan komentar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel