Catatan Password Untuk Keamanan Akun Internet Anda

Catatan Password Untuk Keamanan Akun Internet Anda - 2018 ini, banyak perangkat lunak canggih yang membantu mencuri password dengan mengacak seluruh informasi Anda. Mencuri password adalah salah satu langkah paling jadul dalam kegiatan seorang hacker.

Sejak banyaknya akun Internet dibuat, orang-orang telah mencoba membobol satu dengan yang lain. Pencuri kata sandi juga sering berhasil. Paling sering dilakukan diawali meretas gmail ke seluruh akun terkait. Contohnya data pengguna di situs web dari Gmail ke Facebook.

Lalu mengapa kata sandi begitu mudah diretas?


Beberapa proses peretasan yang terkait dengan pencurian kata sandi dengan perangkat lunak saat ini sebenarnya berada di luar pengetahuan saya, tetapi bagian dari kerentanan yang saya tahu adalah kesalahan kita sendiri. Dulu, saya cenderung menulis kata sandi yang terlalu pendek dan mudah ditebak.

Dan menggunakan kembali sandi tersebut di beberapa akun sosial media, jadi jika hacker atau peretas memiliki salah satu dari kata sandi saya, mereka juga memiliki akses ke akun lain. Dan habislah semuanya.

Artikel ini saya buat hanya untuk mengajak Anda merubah seluruh kata sandi yang Anda gunakan berbeda antara satu akun dengan akun yang lain, antara Gmail sebagai pintu dan akun tertaut sebagai rumah Anda.

Maksudnya, mulailah merubah password serumit mungkin agar benar-benar tidak ada kata sandi yang dapat dipecahkan. Peretas yang cukup gigih dan menggunakan perangkat keras yang cukup kuat akan selalu dapat mengetahui kredensial Anda.

Tetapi jika Anda memiliki niat dari sekarang untuk membuat kata sandi yang lebih kuat, Anda akan jauh lebih sulit untuk diretas - dan karena itu jauh lebih aman. Tidak ada yang tidak mungkin terjadi terhadap akun sosial media kita, siapapun memiliki cara berpikir yang hebat, belum lagi ditambah banyaknya perangkat lunak berbayar yang dapat melacak informasi dari Anda.

Semakin besarnya lalu lintas baik transaksi maupun hanya sekedar berselancar di dunia maya, tetap saja tidak merubah cara berfikir sebagian orang di Indonesia tentang masa depan akun online pribadinya, dan yang jarang sekali diperhatikan adalah soal keamanan pemilik akun tersebut.

Kurangnya sosialisasi tentang keamanan akun online justru membuat sebagian besar masyarakat menganggap semua ini hanya jadi hal sepele. Saya banyak sekali mendapatkan informasi dari berbagai sumber yang mewajibkan memberi kekuatan password dan tindakan yang harus dilakukan oleh pemilik akun online.

Yang akan saya berikan hanya sebagian saja, masih banyak lagi selain dibawah ini yang wajib dilakukan pemilik akun online. Untuk mencegah agar password  tidak di-hack oleh metode rekayasa sosial.


Anda harus memperhatikan bahwa :


Jangan gunakan kata sandi seperti, pertanyaan dan jawaban keamanan yang sama untuk beberapa akun penting. Gunakan kata sandi yang memiliki minimal 16 karakter, gunakan setidaknya satu nomor, satu huruf besar, satu huruf kecil dan satu simbol khusus.  Dan jangan menggunakan keluarga , teman, panggilan,  kode pos, nomor rumah, nomor telepon, tanggal lahir, nomor kartu identitas, nomor jaminan sosial, dan sebagainya di dalam kata sandi.


Larangan penggunaan kata sandi yang sering di abaikan:


  • Jangan gunakan dua atau lebih kata kunci serupa yang sebagian besar karakternya sama, misalnya: 1234sukasamamereka dan 1234+sukasamaandroidkarena jika salah satu dari kata kunci ini dicuri, berarti semua kata kunci ini dicuri. 
  • Jangan gunakan sesuatu yang bisa dikloning (tapi Anda tidak bisa ganti) seperti sidik jari Anda. Jangan biarkan browser Web Anda (FireFox, Chrome, Safari, Opera, IE) untuk menyimpan kata sandi Anda, karena semua kata kunci yang tersimpan di browser Web dapat terungkap dengan mudah. (Hanya jika si pemilik lengah) 
  • Jangan masuk ke akun penting di komputer orang lain, atau saat terhubung ke hotspot Wi-Fi publik, Tor, VPN gratis atau proxy web.    
  • Jangan mengirimkan informasi sensitif secara online melalui koneksi yang tidak terenkripsi (misalnya HTTP atau FTP), karena pesan dalam koneksi ini dapat diendus dengan sedikit usaha.


Seberapa aman kata sandi Anda?

Mungkin Anda yakin password sangat kuat, sulit untuk di hack. Tapi jika seorang hacker telah mencuri nama pengguna Anda dan nilai hash MD5 dari kata sandi Anda dari server perusahaan, dan tabel pelangi hacker berisi hash MD5 ini, maka kata sandi Anda akan cepat teratasi.

Sebaiknya ubah kata sandi Anda setiap 10 minggu sekali. Sebaiknya Anda mengingat beberapa kata kunci utama, simpan kata kunci lain dalam file teks biasa dan mengenkripsi file ini dengan perangkat lunak enkripsi 7-Zip, GPG atau disk seperti BitLocker, atau atur kata sandi Anda dengan perangkat lunak manajemen kata sandi.

Aktifkan autentikasi 2 langkah bila memungkinkan. Akses situs penting (misalnya Paypal) dari bookmark secara langsung, jika tidak, silahkan cek nama domainnya dengan saksama, sebaiknya Anda memeriksa popularitas situs web dengan toolbar Alexa untuk memastikan bahwa itu bukan situs phishing sebelum memasukkan kata sandi Anda.

Gunakan setidaknya 3 alamat email yang berbeda, gunakan yang pertama untuk menerima email dari situs dan aplikasi penting, seperti Paypal dan Amazon, gunakan yang kedua untuk menerima email dari situs dan aplikasi yang tidak penting, gunakan yang ketiga dan tidak penting penyedia email, seperti Outlook dan GMail) untuk menerima email penyetelan ulang kata sandi Anda saat yang pertama (misalnya Yahoo Mail) diretas.

Tutup browser web Anda saat meninggalkan komputer , jika tidak, cookie dapat dicegat dengan perangkat USB kecil dengan mudah, sehingga memungkinkan untuk melewati verifikasi dua langkah dan masuk ke akun Anda dengan cookie curian di komputer lain.

Jangan mudah percaya dan hapus sertifikat SSL yang buruk dari browser Web Anda, jika tidak, Anda TIDAK akan dapat memastikan kerahasiaan dan integritas koneksi HTTPS yang menggunakan sertifikat ini.


Yang terpenting


Sebenarnya dalam penggunaan password kita diwajibkan untuk tidak menggunakan karakter yang mirip 1 akun dengan yang lain. Dan jangan pernah menggunakan 1 akun gmail untuk 2 atau lebih akun. Lebih baik pusing dengan tindakan keamanan dari pada pusing kerahasiaan terbongkar hehe..

Jika Anda tidak mau mengingat hanya untuk sebuah password, cobalah gunakan aplikasi note/catatan yang hampir semua smartphone memilikinya sejak pertama kali Anda beli. Sebagai contoh, caranya sangat mudah dan sangatlah mudah sekali.

  • Buatlah sebuah catatan password di dalam aplikasi tersebut.

Catatan Password Untuk Keamanan Akun Internet Anda

  • Buka akun sosial media yang ingin anda ubah passwordnya melalui pengaturan.

  • Copy password rumit Anda dan paste kan ke kolom perubahan password di akun sosial media Anda.

Catatan Password Untuk Keamanan Akun Internet Anda

Karena cara ini begitu sepele sampai sekarang masih saja ada banyak orang yang lupa apa kata sandi gmailnya, dan akun sosial medianya. Buatlah password sepanjang mungkin, dan simpan semuanya satu di catatan Anda. Semoga bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel