Apa sih cryptojacking? Bagaimana cara mencegah, mendeteksi, dan menghentikanya?

Apa sih cryptojacking? Bagaimana cara mencegah, mendeteksi, dan menghentikanya?

Cryptojacking adalah penggunaan tidak sah dari komputer orang lain untuk menambang cryptocurrency. Awal mula Cryptojacking, Hacker melakukan ini dengan mengarahkan korban untuk mengeklik tautan berbahaya dalam email yang memuat kode penambangan kripto di komputer, atau dengan menginfeksi situs web atau iklan daring dengan kode JavaScript yang dijalankan secara otomatis setelah dimuat di peramban korban.

Setelah itu, kode penambangan crypto kemudian bekerja di latar belakang sebagai korban yang tidak curiga sementara perangkat android dan komputer mereka tetap berjalan secara normal, sebetulnya tidak terlalu normal sih, tapi lebih mudah untuk melambat secara tiba-tiba.

Mengapa cryptojacking terus meningkat?

Tidak ada yang tahu pasti berapa banyak cryptocurrency yang ditambang melalui cryptojacking, tetapi tidak diragukan lagi bahwa praktiknya masih tetap akan merajalela. Cryptojacking berbasis browser semakin berkembang pesat. Padahal, penambangan kripto sendiri masih dalam tahap awal. Ada banyak ruang untuk pertumbuhan dan evolusi, selanjutnya mungkin di berbagai macam aplikasi.

Ketika penambang koin digunakan tanpa persetujuan dari pemilik perangkat, itu disebut cryptojacking, dan itu pasti tidak etis, jelas ilegal. Cryptojacking adalah pembajakan - atau dalam hal ini, pengalihan yang tidak sah atas sumber daya komputer atau smartphone untuk menambang cryptocurrency.

Entah itu Cryptomining malware, atau cryptocurrency-mining malware, atau hanya cryptojacking, mengacu pada program perangkat lunak dan komponen malware yang dikembangkan untuk mengambil alih sumber daya komputer dan menggunakannya untuk penambangan cryptocurrency tanpa izin eksplisit pengguna.

Lalu Bagaimana Cara Mencegah Cryptojacking?

Cryptojacking telah menggantikan ransomware yang dienkripsi sebagai senjata cybercriminal pilihan. Berkat munculnya Bitcoin dan kepopuleranya, mungkin hanya masalah waktu sebelum Hacker menemukan cara untuk mengeksploitasi sistem komputer orang lain demi keuntungan mereka. Untungnya, ada cara mudah untuk menghindari cryptojacked.

Perangkat lunak antivirus akan memblokir sebagian besar perangkat lunak penambangan koin yang menular dan beberapa penambang berbasis browser. Gunakan browser bawaan Google yang di unduh langsung dari playstore. Ekstensi browser pencekal script seperti NoScript untuk Mozilla Firefox atau ScriptBlock atau ScriptSafe untuk Google Chrome akan mencegah semua penambang browser untuk berjalan.

Namun tidak semua perusahaan teknologi merasa nyaman dengan penambangan koin, Apple bahkan sudah menendang aplikasi penambangan koin yang sah dari App Store pada bulan Juni.

Kapan Cryptojacking Muncul?

Cryptojacking mulai menjadi berita utama pada pertengahan tahun 2017. Secara keseluruhan aktivitas malware penambangan koin meningkat pesat sampai 2018. Permainan Hacker di dunia maya, tidak mengherankan, adalah keuntungan finansial. Dalam skenario cryptomining, hadiah adalah akses bawah tanah ke kekuatan pemrosesan di perangkat pengguna.

Bahkan bagi para pengguna komputer yang tidak pernah menambang koin untuk cryptocurrency, ancaman ini menjadi perhatian nyata. Karena memang punya daya tarik besar dari sisi keuntunganya.


Sebagai penutup, Berikut Ini Cara Menghentikan Cryptojacking:

Berhubungan dengan ekstensi browser, cara terbaik untuk melindungi diri Anda adalah dengan hanya memperhatikan fungsi Task Manager sistem operasi Anda atau Task Manager Chrome sendiri, dari mana Anda dapat melihat grafik CPU dan penggunaan memori untuk semua tab dan ekstensi.

Idealnya, vendor peramban seperti Google dan Mozilla akan mengembangkan sarana memblokir ekstensi secara otomatis yang menambang cryptocurrency termasuk yang muncul di playstore. Anda sekarang dapat menggunakan ekstensi seperti MinerBlock (Chrome) atau No Coin (Firefox dan Chrome) untuk secara otomatis memblokir penambang cryptocurrency JavaScript paling umum.

Pada Windows 7 Pro dan yang lebih baru, Anda bisa menggunakan alat pihak ketiga yang menggunakan Kebijakan Pembatasan Perangkat Lunak (SRP) seperti CryptoPrevent, untuk memblokir folder umum di mana ransomware dan malware lain seperti itu terkadang secara otomatis menginstal sendiri.

Pada Pembaruan Creator Windows 10 dan yang lebih baru, itu bisa berarti menggunakan fitur Akses Folder Terkontrol Microsoft untuk membatasi akses ke folder umum seperti Unduhan dan appdata, tempat ransomware dan malware lainnya biasanya mengunduh atau memasang sendiri.

Karena cryptojacking menggunakan penambang asli menjadi lebih umum, kita juga harus melihat pengembang antivirus dan anti-malware mulai membuat berbagai alat untuk melawan ancaman semacam ini. Demikianlah solusi menghentikan Cryptojacking yang mulai lagi mengganggu dan semakin menjadi-jadi. Semoga bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel