Tips Wawancara Online Via Skype 100% Persiapan Matang 10% Kegagalan

Setiap orang yang sedang mencari pekerjaan pasti mengalami masa-masa sulit, bahkan tersulit dalam hidupnya ketika tidak ada pengalaman sama sekali tentang sebuah wawancara. Terlebih lagi wawancara dilakukan secara online bertatap muka via skype, memang kelihatanya sedikit lebih mudah daripada secara langsung, tapi bukti di lapangan masih saja ada yang mengeluh sebelum dan sesudah wawancara.

Setelah melamar pekerjaan via email pasti Anda lebih sering merefresh kotak masuk email Anda berkali-kali, berharap segera muncul pesan balasan, dan email masuk akhirnya datang. Anda adalah salah satu dari sedikit yang beruntung dipilih untuk wawancara. Hehe, tapi apakah keberuntungan Anda hanya pada balasan email tersebut? Selanjutnya biasanya adalah jadwal wawancara, di sini saya akan bahas wawancara via Skype yang akan Anda hadapi.

Kenapa harus Skype?, Skype lebih disukai dari komunikasi via telepon. Skype mulai digunakan karena jarak perusahaan jauh dengan posisi pelamar berada, dan sudah banyak perusahaan yang lebih memikirkan kondisi pelamar untuj tidak susah payah datang ke kantor dan keluar dengan kekecewaan semisal gagal.

Wawancara seperti ini lebih menarik dan dapat menunjukkan kepada mereka lebih banyak tentang siapa Anda dan bagaimana Anda akan masuk ke dalam tim perusahaan mereka. Jadi, persiapan untuk wawancara Anda sepertinya memang wajib 100% dipersiapkan, pastikan Anda sudah mendapatkan semua perangkat Skype Anda dan perbaiki suasana kamar Anda atau dimana pun Anda akan melakukan wawancara.

Nah, berikut ini adalah tips wawancara via Skype yang saya ambil dari pengalaman saya dan pengalaman dari teman, kerabat, rekan kerja dan mereka yang berhasil lolos secara sempurna.


10 Tips Wawancara Online Via Skype


1. Stop Banyak Alasan

Pertama dan yang paling penting harus Anda ingat adalah, jangan sekali-kali membuat alasan. Jika Anda diminta untuk melakukan wawancara melalui Skype, jangan mengatakan bahwa Anda lebih suka wawancara melalui telepon, atau bahwa Anda memiliki koneksi internet yang buruk, atau mengatakan bahwa Anda tidak memiliki Skype. Ini artinya Anda baru saja menjawab tidak, artinya Anda menolak untuk jadwal wawancara pertama Anda. Jika Anda memang menginginkan pekerjaan ini, ikutilah prosesnya sekalipun Anda tidak menyukainya.

2. Nama Pengguna

Selanjutnya, pastikan nama pengguna atau nama akun Anda jelas, sesuai kartu nama atau kartu tanda penduduk, jangan biasakan menggunakan username dengan embel-embel yang tidak penting.

Contoh benar : Cristiano Ronaldo
Contoh salah : Cristiano Imoet

Lalu bagaimana jika namanya memang unik? Ya, pewawancara tentu saja sudah mengerti dan tahu siapa nama Anda melalui verifikasi berkas lamaran, jadi ubah nama Skype Anda jadi nama prodesional Anda, nama asli Anda.

3. Pakaian Rapi

Tips selanjutnya adalah berpakaianlah dengan rapi. Hanya karena Anda tidak berada di tempat atau di kantor perusahaan tersebut, bukan berarti Anda harus mengenakan kaos dan jeans. Saya tidak menyarankan mengenakan jas, tetapi Anda harus mengenakan apa pun yang akan Anda kenakan untuk wawancara langsung, usahakan mengenakan kemeja putih polos dan celana hitam (jika tidak ada pemberitahuan pakaian dari pewawancara). Dan tentu saja mandi. Lalu, berpakaian seperti Anda akan wawancara secara langsung akan membantu Anda merasa seperti sedang wawancara langsung.

4. Pilih Lokasi

Selanjutnya Anda perlu memperhatikan dsn memikirkan tentang lokasi Anda. Apa yang ada di belakang Anda sangat penting. Siapkan latar belakang yang bersih dan netral dengan pencahayaan yang baik. Hindarilah ruangan gelap lebih baik duduk di depan jendela agar dapat cahaya, kecuali jika Anda ingin terlihat seperti seseorang yang identitasnya ingin disamarkan silahkan saja mencari ruangan gelap.

5. Jangan Berisik

Berikut ini jarang tapi perlu diperhatikan jika memang akan benar terjadi. Jika rumah Anda tidak memiliki internet dan Anda memanfaatkan cafe sebagai tempat wawancara pastikan tidak berada di lokasi yang berisik, semisal meminta izin pemilik cafe untuk mendapatkan ruangan tenang.

6. Perangkat Pendukung

Selanjutnya pergunakanlah headset. Setiap orang mungkin berbeda dalam hal ini, tetapi jika Anda memiliki set headphone dengan alat bicara (seperti kebanyakan ipod atau headphone iphone), gunakan itu, terutama jika Anda berada di ruang publik. Komputer Anda mengambil banyak suara latar belakang. Dengan menggunakan headset, mereka akan dapat mendengar Anda lebih jelas dan dengan suara latar yang tidak terlalu mengganggu.

7. Posisi Webcam dan Mata

Selanjutnya yang paling sering terlupakan, pertahankan Kontak Mata. Meskipun canggung atau belum terbiasa melakukanya, lihatlah jelas webcam Anda, bukan layarnya. Ingat, jangan lihat layarnya! Ini akan membuat Anda tampak lebih hadir membawa keprib kepribadian Anda saat wawancara berlangsung. Ini juga akan memastikan mata Anda tidak terhanyut ke video.
Tips posisi kamera: letakan kamera sejajar dengan mata Anda, cukup tambahkan tumpukan buka di bawah laptop Anda dan sejajarkan kamera dengan mata.

8. Harus Pede

Berikutnya, bersiaplah menangani setiap gangguan teknis dengan yakin. Semuanya bisa salah, persiapan matang pun bisa berantakan karena koneksi. Pewawancara Anda mengerti itu. Jika sesuatu terjadi, tetaplah tenang dan ramah saat Anda memecahkan masalah. Jangan takut untuk meminta menutup panggilan dan coba lagi jika koneksi Skype Anda memburuk. Jika hal seperti ini benar terjadi, itu akan menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda dapat menangani situasi yang menegangkan tanpa harus panik atau kecewa.

9. Lakukan Latihan

Lanjut ke tips berikutnya, jika Anda mendapat jadwal 2-3 hari lagi, cobalah berlatih hingga Anda tidak menemukan satu pun gangguan teknis yang bisa datang pada saat wawancara berlangsung. Lakukan tes panggilan kepada teman, pacar atau siapapun asalkan masih mengenal Anda, hehe. Pastikan audio dan kamera Anda berfungsi dengan benar. Lakukan test dengan teman dan terus tanyakan bagaimana suara Anda terdengar, apakah mereka dapat melihat Anda dengan jelas, dan bagaimana pencahayaannya, dll.

10. Menjawab Pertanyaan

Yang terakhir adalah pertanyaan, kebanyakan pewawancara akan menilai mulai dari ucapan salam Anda. Saya memiliki teman yang pernah jadi pewawancara dan 60% peserta wawancara yang pernah ia hadapi tidak ada yang mengucapkan salam, selamat pagi, siang, atau sore. Anda wajib memperhatikan hal ini. Selanjutnya kebanyakan pewawancara akan mempersilahkan Anda mempromosikan diri Anda dengan pertanyaan, "Coba Anda ceritakan kepada saya, Anda ini siapa , apa pengalaman Anda, dan mengapa Anda ingin bergabung dengan perusahaan kami?" Nah, persiapkanlah seluruh jawabanya sebelum Anda melakukan wawancara.

Untuk contoh percakapan saya bisa saja menuliskanya secara lengkap di sini, tapi yang seperti itu malah akan mengganggu konsentrasi Anda, cukuplah Anda mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan di atas tadi dan berlatihlah bicara mulai dari depan cermin.

Dan untuk mengakhiri tips persiapan yang saya uraikan di atas, inti dari seluruh uraian diatas adalah:

Jadikanlah wawancara Skype ini seperti Anda melakukan wawancara langsung. Bersikap ramah. Berikan isyarat yang Anda dengarkan secara aktif. Ajukan pertanyaan yang dipikirkan dengan baik. Kirim ucapan terima kasih yang sudah dipikirkan dengan baik saat wawancara selesai. Dan yang paling penting, action.

Demikianlah tips persiapan yang perlu diperhatikan sebelum Anda melakukan wawancara via Skype. Untuk tips tanya jawabnya sebetulnya selalu berbeda setiap pewawancara, ada yang bertanya hal aneh, ada yang tidak masuk akal dan tentu saja ada yang serius bertanya kepada Anda. Anda hanya perlu rileks, dan menjawab semua dengan tegas, karena suara Anda harus di terima terlebih dahulu oleh mic sebelum di suarakan oleh speaker di tempat pewawancara berada. Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel