Bedanya Smartphone Waterproof dan Water-resistant

Fakta Perbedaan Smartphone Waterproof dan Water-resistant - Water-resistant (tahan air) berarti ia mampu menahan penetrasi air hingga tingkat tertentu tetapi tidak sepenuhnya. Yang benar tahan terhadap air berarti Waterproof (kedap air), tidak peduli berapa banyak waktu yang dihabiskannya dalam air.

Kerusakan karena air adalah salah satu masalah paling umum ponsel yang dialami oleh banyak orang, ketika kita memiliki ponsel yang dapat melindungi dirinya sendiri memanglah masuk akal. Definisi teknis tahan air adalah bahwa ia mampu menahan penetrasi air sampai tingkat tertentu tetapi tidak sepenuhnya. Sayangnya, istilah-istilah Waterproof dan Water-resistant ini disematkan seolah-olah mereka dapat dipertukarkan oleh kebanyakan orang.

Sekarang mari kita bahas mulai dari Apa arti rating 'IP' - Ponsel cerdas saat ini umumnya memiliki sertifikasi yang diterbitkan saat menolak elemen yang ditandai oleh peringkat seperti IP67 atau IP68. Tanda IP untuk Perlindungan Internasional atau Perlindungan Ingress diikuti oleh dua angka. Angka pertama menunjukkan perlindungan masuknya terhadap padatan, seperti debu dengan angka mulai dari 0 hingga 6 (semakin tinggi angkanya, semakin baik perlindungan).

Nah, saat Anda melihat angka 6 untuk nomor pertama, maka ponsel cerdas itu adalah 'Dust Tight' yang berarti benar-benar terlindung dari kontak dengan debu. Memiliki peringkat seperti ini menjadi sangat penting bagi wilayah perkebunan, berpolusi atau siapa pun yang ingin menggunakan smartphone mereka di lingkungan berdebu. Sedangkan angka kedua mengacu pada perlindungan masuknya cairan, dengan angka yang dapat berkisar dari 0-9 (sekali lagi, lebih tinggi lebih baik). Peluncuran Apple iPhone 7 terbaru termasuk berita baik bahwa itu kedap air dengan sertifikasi IP67.

Ini berarti benar-benar tahan debu dan secara teknis dapat dimasukkan dalam air hingga 1 meter untuk durasi hingga 30 menit. Banyak smartphone Samsung dan Sony memiliki peringkat IP68, yang secara teknis berarti bahwa mereka benar-benar tahan debu dan kedap air di kedalaman mulai dari 1 hingga 3 meter selama durasi yang ditentukan oleh produsen (biasanya 30 menit). Deskripsi ini mungkin terdengar seperti Anda dapat menggunakan ponsel cerdas Anda di kolam untuk mengambil gambar bawah air, tetapi tidak akan pernah ada produsen yang akan merekomendasikannya. Hehe...

Dari info yang saya dapatkan, bahwa tes laboratorium yang sebenarnya dilakukan dengan smartphone berada dalam mode siaga, yang berarti mereka tidak digunakan dengan cara apa pun selama pengujian. Dengan rating IP67 atau IP68, jika Anda terjun bebas ke dalam kolam dengan smartphone Anda, kemungkinan kelangsungan hidup ponsel sangat tinggi. Jika air muncul di permukaan layar saat aktif, itu tidak akan memberi respons seperti biasanya karena air menghantarkan listrik seperti jari Anda, itulah mengapa menggunakannya di bawah air tidak disarankan.

Penting : Perlu untuk Anda ingat, jika layar pada ponsel kedap air Anda menjadi retak, lalu Anda menggantinya, maka akan merusak segel pabrik yang melindunginya, sehingga tidak akan lagi kedap air.

Semoga informasi ini bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

  1. Oh, melalui aryikel mas Indra tentang smartphone waterproof ini aku jadi paham kalau point utama itu terletak dk layar ...., begitu layar retak smartphone akan jadi rentan rusak jika kena air.

    Nice info,mas 👍

    ReplyDelete
  2. Klo dalam mode pengoperasian, sensitivitas touch screennya gmna itu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sensitivitas mode pengoprasian touch screen berbeda-beda, untuk mengetahui seberapa tangkas sensitivitas touch screen dalam pengoprasian smartphone tahan air di artikel ini, kita bisa menentukannya berdasarkan nilai IP Ingress Protection atau atau rating MIL-STD. Semakin besar angka semakin baik.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel