Membahas Fakta Tentang Meme

Penyampaian ide, sosialisasi, hiburan, dan segala macamnya akan terus hadir mewarnai perjalanan hidup seseorang mulai dari rakyat kecil yang ingin di dengar sampai kepada penguasa yang ingin naik gajinya. Ini semua merupakan transisi yang semakin menjadi-jadi.

"Ngomongin soal meme, apa sih sebenarnya meme?"

Meme adalah sebuah gagasan yang diwariskan dari satu generasi manusia ke generasi manusia lainnya. Ini adalah padanan budaya dari sebuah gen, elemen dasar dari pewarisan biologis. Ini menjadi bukti jelas bahwa kita memiliki mekanisme adaptif yang tidak dimiliki oleh spesies lain di planet bumi. Selain warisan genetika dengan kemungkinan dan keterbatasannya, manusia dapat meneruskan ide-ide mereka dari satu generasi ke generasi berikutnya. Meme tidak harus dengan gambar dan tulisan, bisa dalam bentuk cuplikan di acara tv, video pendek, dan gambar yang berbicara. karena banyak yang mengartikan meme adalah sebuah gambar yang diplesetkan dengan tulisan lucu.

Bicara Fakta Tentang Meme

Karena saat ini meme berhubungan erat dengan media online, sudah bukan lagi menjadi waktu yang tepat untuk memperdebatkan sesuatu yang bermunculan di internet, entah itu jelek atau lumayan jelek, positif atau positif jelek. Saya, Anda, dan masyarakat diharapkan lebih oke lagi menilai segala sesuatu hal terkait dengan perkembangan media sosial , memilah, menimbang, dan waspada terhadap berbagai aspek positif maupun negatif yang berpengaruh bagi kemajuan kehidupan manusia, khususnya kaum remaja hingga dewasa yang saat ini sebagian sudah berani lebih mencintai dunia ketimbang kedua orang tua mereka.

Kemajuan untuk memperoleh informasi melalui media online juga sudah berkembang pesat di Indonesia. Internet dengan Media Sosialnya yang merupakan saluran atau sarana pergaulan sosial secara bebas. Para pengguna media sosial berkomunikasi, berinteraksi, ucap rasa syukur, berbagi kesedihan, share opini menyedihkan, saling kirim pesan, saling berbagi perasaan, dan membangun jaringan. Tak sedikit dari yang awalnya sopan menjadi kurang sopan, yang jahat berubah jadi baik, bahkan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi untuk mempengaruhi orang lain.

Beragam media sosial pun terus bertambah karena menjadi kebutuhan manusia untuk mengakses segala bentuk informasi seperti twitter, facebook, dan instagram yang kemudian memunculkan istilah-istilah baru di dalamnya seperti alay, jilboobs, selfie, trending hash-tag, hoax, viral, dan meme.

Namun, meme bukan asal meme, Berikut beberapa penjelasan singkat tentang jenis meme yang sering muncul di internet:

Meme Musiman - Inilah yang kita dapatkan di zaman kita. Mereka berlangsung selama sekitar satu bulan, terbakar sangat cepat dan kemudian hangus menjadi abu, dibersihkan oleh angin. Tidak mungkin terlihat lagi.

Meme Seri - Meme ini cenderung dibuat atau dikompilasi menjadi koleksi. Halaman seperti ini benar-benar baik atau benar-benar buruk. Tergantung tingkat kesadaran penciptanya.

Meme Topik - Ini meme yang entah bagaimana hanya tersedia untuk audiens yang sangat spesifik dengan sebuah topik.

Meme gak jelas - Yang satu ini tidak seperti topik, tapi itu benar-benar tidak jelas dan sama sekali tidak masuk akal. Anda akan tertawa setelah pergi dan meninggalkanya karena tampaknya sangat konyol.

Meme Dagelan - Meme saat seseorang cenderung sangat lelah dengan dirinya sendiri sehingga akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk membuat dirinya sendiri lucu.

Meme Komik - Meme yang dibuat secara organik, dan selalu segar, kita tidak bisa tidak menyukai meme-meme seperti ini. Mereka seperti sayuran, tapi rasanya gak hambar.

Meme Absurd - Yang seperti ini bukan meme dagelan, tetapi biasanya datang dalam bentuk di mana meme dimulai dengan normal sebelum melengking menjadi sesuatu yang begitu tidak biasa sehingga Anda tertawa terbahak-bahak bahkan sebelum Anda menyadari apa yang Anda baca.

Meme fans - Anda tidak akan mendapatkan salah satu dari meme ini sampai Anda menjadi bagian dari basis penggemar.

Meme Pendidikan - Di era di mana pendidikan yang baik lebih sulit didapat daripada sebuah sekolah, Anda punya tiga pilihan; pergi ke tempat kursus, belajar untuk melakukan semuanya sendiri, atau mengikuti halaman meme yang bertema pendidikan.

Sekian saja penjelasan singkat dari saya tentang meme, sebagai penutup untuk mengakhiri tulisan ini,

bagaimana perkembangan meme sendiri dalam media sosial?

Meme masih menjadi yang terdepan dalam melukiskan ide dan gagasan berbagai generasi dari tahun ke tahun, disusul oleh video pendek, sampai video dan gambar pencuci otak yang dikemas rapi oleh label hiburan. Siapa yang dapat membuat opini kuat menarik bahkan elegan akan secara mudah dapat mengendalikan pola pikir orang lain di tengah lingkungan media sosialnya. Semoga bermanfaat setidaknya untuk seminggu kedepan...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

  1. Keren ya tulisan ini, perihal meme saja bisa terbahas layaknya sains. Dalam penggunaannya, meme bisa membantu sebagian orang mengungkapkan maksud hati loh, kadang mereka lebih pilih update meme di statusnya daripada update penjelasan tulisan. Hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bgt mbk ajeng, update status tnpa pnjelasan lebih bisa narik perhatian buat di tanya2 ehe

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel