Pembuat Konten Tidak Boleh Melepas Tanggung Jawab

Aturan di dunia nyata sudah jelas, ada hukum yang wajib dipatuhi, begitupun di dunia maya, sama saja, pelan-pelan aturan dan hukum di dunia maya terus ditegakan.

Terlepas dari persoalan hukum, sudah sewajarnya seorang pembuat konten di media sosial atau situs web pribadi entah itu blogger, vlogger, podcaster, microblogger, youtuber atau media sosial umum lainnya, wajib memiliki rasa tanggung jawab dan kebijakan terhadap konten yang mereka ciptakan.

Sebagai Pencipta Konten Online Anda adalah bagian penting dari penciptaan dan diskusi pengetahuan publik yang lebih luas. Peran ini memiliki tanggung jawab untuk bersikap adil, jujur, dan hormat tidak hanya terhadap sesama anggota masyarakat tetapi juga terhadap fakta.

Konten yang Anda buat hari ini kemungkinan besar akan bertahan lebih lama dari relevansi konten dan kehidupan Anda sendiri dan itu sangat penting bahwa itu adalah representasi yang jujur ​​dari topik yang tidak hanya diakses bagi audiens hari ini tetapi juga untuk akses di masa depan.

Pekerjaan Anda sebagai Pencipta Konten adalah menyajikan "fakta sebagai fakta" dan "opini sebagai opini". Ada tanggung jawab dalam membuat konten, di bawah ini beberapa diantaranya yang terus ingin saya terapkan dalam menciptakan konten. Di bawah ini hanya sebagian kecil saja, yang menurut saya sering dilupakan.


• Yang pertama adalah Hak berpendapat


Hak untuk menyuarakan pendapat adalah Kebebasan Berbicara, Informasi, Publikasi, dan Ekspresi adalah elemen dasar demokrasi. Sebagai Pembuat Konten, semua wajib menggunakan dan melindungi hak-hak ini setiap saat. Jadi, sudah jadi hak setiap orang ingin melakukan apa dan menciptakan apa sesuai aturan yang ada di negara masing-masing.


• Kritis Terhadap Segala Hal


Selain kritis terhadap segalanya, Anda juga harus kritis bahkan untuk diri Anda sendiri. Sebagai Pencipta Konten, Anda adalah bagian dari penciptaan konten dan diskusi pengetahuan umum.

Ini adalah kewajiban Anda untuk kritis pada apa yang terjadi di masyarakat serta bagaimana Anda sebagai kreator Konten, sedang mempresentasikan peristiwa ini.


• Jadilah Penengah


Sebagai Pencipta Konten, Anda dapat mendinginkan ketidakadilan dan menetralkan yang dilakukan pada individu dan kelompok ketika terjadi konflik. Gunakan kekuatan ini dengan bijaksana. Bukan malah memberikan support kepada individu atau kelompok lain.


• Katakan Kebenaran


Dengan kebenaran, dan tanggung jawab besar. Kata-kata dan gambar adalah senjata kuat yang harus digunakan dengan sangat hati-hati. Saat menerbitkan konten, nyatakan fakta apa adanya, bahkan jika Anda tidak setuju dengan mereka.

Dalam hal ini sudah banyak dibahas dan ditemukan pada banyak artikel yang mengkritik berita bohong.


• Pendapat Anda Adalah Sebagai Pendapat Anda


Pendapat Anda dan interpretasi peristiwa penting harus dibagi tetapi tidak boleh bingung dengan fakta-fakta atau data. Ketika menyuarakan pendapat atau interpretasi Anda sendiri atau orang lain, selalu sebutkan demikian.

Jangan pernah menyajikan pendapat, interpretasi atau dugaan sebagai fakta. Anda akan menemui banyak yang seperti ini di beberapa situs berita online ternama (yang sering membahas politik).


• Ungkapkan Referensi Anda


Anda selalu dapat mengungkapkan sumber referensi Anda kecuali jika hal itu dapat membahayakan sumber Anda. Misalnya sumber yang Anda peroleh sudah Anda rubah menurut pendapat Anda sehingga hilang poin demi poin yang terhubung ke sumber bacaan Anda.

Karena, dalam memastikan transparansi, Anda meminjamkan kredibilitas ke konten Anda sendiri serta memberikan orang lain untuk lebih lanjut mencari fakta-fakta masalah, tanpa banyak yang dirubah.


• Selalu Berikan Kredit


Banyak yang melupakan hal ini entah atas dasar malu atau ingin mengakui pendapat orang lain itu adalsh miliknya. Berikan pengaitan yang tepat saat menggunakan, mengutip, atau mendasarkan konten Anda pada karya orang lain.

Dengan kata lain kutipan ini sebagai caption, atau tautan ke artikel asli, berikan kredit foto dan ilustrasi kepada pembuat asli.


• Akui dan Perbaiki Kesalahan


Ketika ketidaktepatan atau kesalahan dalam konten Anda ditemukan oleh Anda atau orang lain, segera perbaiki dan umumkan bahwa Anda telah melakukannya untuk memastikan bahwa mereka yang mendasarkan pada pendapat Anda tahu dan pembuatan konten lainnya pada informasi Anda yang salah memiliki kesempatan untuk melakukan koreksi juga.

Adalah kewajiban Anda untuk menegakkan kebenaran dan fakta yang ada bahkan jika itu berarti mengakui bahwa Anda salah.


Nah, semoga sedikit uraian di atas dapat mempertahankan etika dan aturan seorang pembuat konten. Pembahasan tentang pendapat diatas hanya untuk seorang blogger, dan vlogger yang punya media berita online dan menciptakan konten sebagai pemilik akun pribadi mereka senduri, bukan untuk yang bekerja di perusahaan media online.

Kenapa? Yaa, Anda pasti sudah mengerti sendiri, mereka punya karyawan, mereka butuh sponsor dan mereka punya kekuatan untuk menciptakan konten yang dibaca banyak orang. Terlepas dari jujur atau tidak jujurnya Anda juga sudah bisa memahami. Hehe...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel