Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komputer Mainframe

Komputer Mainframe
Komputer Mainframe
Mainframe adalah sebutan dari sebuah komputer yang mempunyai peranan inti dari sebuah pengoperasian program ataupun pengolahan data yang cukup besar. Dari peranan inilah tak heran jika Komputer Mainframe hanya di gunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang mempunyai client atau kebutuhan yang wah. Hal ini meliputi perusahaan perbankan dan bahkan pemerintahan. Dan bahkan dari kelebihan itulah mengapa Komputer jenis ini hanya di gunakan oleh beberapa orang dan instansi.

Komputer Mainframe juga dapat di artikan sebagai teknologi baru yang dapat melaksanakan tugas yang berat dan bahkan sangat rumit. Sudah barang tentu, komputer yang dalam bahasa Indonesia berarti Komputer Bingkai Utama ini lebih kompabilitas dengan berbagai macam aplikasi dan juga ketangguhannya.

Berikut ini kelebihan-kelebihan Komputer Mainframe
  1. Mempunyai Processor lebih dari satu
  2. Bisa menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan (Multitasking tangguh)
  3. Dapat di operasikan oleh banyak user sekaligus
  4. Menggunakan GOPS (Giga Operations Per Second) untuk proses kecepatan processor
Kekurangan-Kekurangan
  1. Membutuhkan ruang kerja yang lebih besar
  2. Harga yang sangat mahal
  3. Membutuhkan daya listrik yang besar pula
  4. Proses pengoperasiannya masih menggunakan Command (Teks)
Beberapa Mainframe yang sudah bertebaran di Pasar Dunia
  • IBM System/360
  • IBM System/390
  • Honeywell-Bull DPS 7
  • Cray-1 dari Cray Research
Komponen Hardware Mainframe
  1. CPU (Central Processor Unit) yang terdiri dari Processor, Memory, dan juga Channel dengan kapastias yang lebih besar
  2. Communication Controller atau device yang di gunakan untuk menghubungkan perangkat dari jarak jauh. Kalau di komputer biasa menggunakan Reapeter (untuk menguatkan sinyal), Hub (Switch), Modem
  3. Disk Storage atau media penyimpan (Disk Penyimpan) umumnya mempunyai kapasitas disk yang lebih besar hingga Ratusan TB (Tera Byte)
Dari komponen-komponen di atas sudah dapat di kira bahwa Komputer Mainframe lebih di gunakan untuk pekerjaan yang sangat berat dan juga tentunya mempunyai harga yang sangat fantastis.

Mungkin hanya sampai di sini saja pertemuan kita kali ini mengenai Komputer Mainframe mulai dari pengertian hingga komponen-komponen yang terdapat pada komputer jenis mainframe ini. Semoga menjadi wawasan baru :).

1 comment for "Komputer Mainframe"