Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menemukan Ide Menulis di Blog

Tips Menemukan Ide Menulis di Blog
Tips Menemukan Ide Menulis di Blog
Tips Menemukan Ide Menulis di Blog - Dalam dunia blogging tidak lepas dari yang namanya menulis. Mau tidak mau bisa ataupun tidak bisa, menulis adalah persyaratan utama untuk menjadi seorang blogger yang baik. Masalah persaingan juga menjadi salah satu jenis tantangan seorang blogger. Jangan lupa membaca postingan sebelumnya mengenai Cara Mengatasi Komentar SPAM di Blog.

Bisa saja apa yang hendak kita bagikan di blog sudah di bahas sebelumnya oleh seorang blogger lain. Hal ini juga menjadi tantangan lain dari seorang blogger yang ingin serius di dunia perbloggingan. Namun sayangnya keterbatasan ide yang di miliki juga mempengaruhi banyak blogger untuk lebih instan mendapatkan ide postingan. Yaitu COPAS (Copy Paste) atau menjiplak tulisan orang lain.

Hal ini memang wajar di miliki oleh setiap blogger, namun semasih mempunyai batas dan masih menyisipkan url sumber di dalam postingan tersebut. Tapi mungkin di Indonesia sendiri telah terinveksi penyakit jiplak seperti ini, dan sering tidak menghargai karya orang lain. Lalu apa dampak akhirnya? Blog keduanya, baik sumber dan blog copaser tersebut terhapus oleh mesin pencari, karena terindikasi duplikat konten.

Siapa yang rugi? Ya blog sumbernya ya blog copaser juga. Namun lebih rugi blog sumbernya kayaknya :D.

Nah untuk itulah, postingan berikut ini saya publish di blog sederhana ini. Yaitu mengenai Tips Menemukan Ide Menulis di Blog. Tips ini saya dapatkan dari pengalaman saya ketika waktu itu saya sangat sulit sekali mendapatkan ide baru untuk menulis di blog kesayangan saya ini. Namun, alhamdulilah seiring berjalannya waktu saya telah menemukan jalan yang benar :D.

Untuk mendapatkan ide cemerlang dalam menulis, sebaiknya kita aplikasikan tips berikut ini. Semoga membantu :).
  • Carilah Tempat yang Membuat Rileks
Berbagai macam ide muncul di berbagai macam tempat yang membuat kita rileks. Salah satu contohnya adalah di pantai, di kamar tidur, atau di manalah tempat yang menurut Anda nyaman. Kalau saya sering menemukan ide tersebut di toilet :D.
  • Baca Baca Buku
Buku juga bisa menjadi sumber ide yang sangat melimpah dan pada akhirnya harus Anda tangkap. Misalnya pada majalah, buku pendidikan, koran, ataupun portal online adalah sumber dari inovasi baru untuk menemukan topik baru.
  • Jalan-Jalan
Fikiran yang rileks dan nyaman juga sangat mempengaruhi murninya otak agar dapat menemukan berbagai jenis inovasi baru. Salah satunya adalah jalan-jalan di hutan, kebun, mall, taman, dan di tempat lainya.

Selanjutnya apa yang harus kita dapatkan ketika sudah mendapatkan ide cemerlang untuk di tulis? Ambil kertas dan bulpoin, tulis dan nyatakan ide tersebut melalui coretan tangan Anda. Tulislah poin-poin penting dari ide tersebut, jadi jangan terburu mengembangkan ide tersebut. Ketika sudah menangkap ide-ide tersebut pada tulisan Anda, selanjutnya kembangkan poin-poin tersebut di notebook atau komputer Anda.

Nah dari sinilah waktu yang tepat untuk mengembangkan ide tersebut. Tulislah tulisan yang berisi mengenai perpaduan antara ide tersebut dengan kata-kata atau kalimat yang enak untuk di baca. Dan pada akhirnya Anda telah berhasil mencari ide baru sendiri :D. Lakukan tips di atas ketika Anda sulit menemukan topik apa yang akan di bahas.

Tips Menemukan Ide Menulis di Blog ini dapat Anda aplikasikan langsung. Sebaiknya jangan terlalu lama menunggu dan membuang waktu, jadikan nyata ide Anda tersebut :).

Post a Comment for "Tips Menemukan Ide Menulis di Blog"