Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Komentar SPAM di Blog

Cara Mengatasi Komentar SPAM di Blog
Cara Mengatasi Komentar SPAM di Blog

Cara Mengatasi Komentar SPAM di Blog - Komentar Blog adalah fitur blog yang sangat penting peranannya. Dimana di dalamnya bisa terbentuk hubungan langsung antara pengunjung dengan pemilik blog itu sendiri. Topik yang di tulis juga bervariasi, mulai dari kritik, saran, ucapan terima kasih, atau bahkan bertanya.

Secara default, kotak komentar telah include langsung dengan blog, entah itu blogger, wordpress, bahkan blogdetik. Jenis fitur yang di berikan juga berbeda-beda dari setiap platform. Dan untuk kelebihannya sendiri bisa di nilai dari diri seorang.

Selain di gunakan sebagai sarana untuk bertukar pendapat, kotak komentar juga bisa di gunakan untuk mendongkrak website yang berkomentar, seperti sekedar mencari backlink untuk blognya.

Namun, sayangnya dari kemudahan fitur ini sering sekali di salah gunakan oleh setiap blogger / webmaster. Mereka sering sekali memberikan komentar yang tak sewajarnya (SPAM). Dan hanya berniat untuk mencari backlink saja. Berbicara mengenai backlink, Anda dapat membaca postinga sebelumnya mengenai Ciri Ciri Backlink Berkualitas.

Nah kali ini saya akan membagikan postingan terbaru untuk Anda pengunjung blog ini, yaitu mengenai Cara Mengatasi Komentar SPAM di Blog. Tips ini berguna untuk mengatasi komentar yang tak patut.

Script ini bisa mengganti komentar yang berbau SPAM. Jadi setiap ada komentar blog yang mengandung link aktif, secara otomatis script ini akan mengganti link tersebut sesuai keinginan Anda. Misalnya mengarahkan link tersebut di halaman depan, sitemap, atau bahkan postingan.

Berikut caranya
  • Pertama Login pada blog Anda
  • Masuk ke Template
  • Cari kode </body> Dengan menggunakan CTRL+F
  • Jika sudah, masukan kode berikut ini tepat di atasnya
<script type='text/javascript'> jQuery(document).ready(function(){ jQuery(&quot;#comments p a&quot;).attr(&quot;href&quot;,
&quot;http://grajaganseo.blogspot.com/&quot;);
}); </script>
  • Ganti, Tulisan yang berwarna biru dengan url blog Anda
  • Terakhir Simpan
Tips di atas dapat Anda gunakan untuk mengatasi komentar yang mengandung link aktif. Jadikan referensi postingan tentang Cara Mengatasi Komentar SPAM di Blog ini untuk pengetahuan baru buat Anda. Baca juga postingan sebelumnya tentang Cara Membuat Posting Blog yang SE Friendly.

2 comments for "Cara Mengatasi Komentar SPAM di Blog"

  1. hmm, berarti trik nya adalah dengan membuat link yang ada di kolom komentar menjadi link nonaktif ya gan. kenapa nggak di setting kalo ada link di kolom komentar maka komentarnya di otomatis pending gitu? soalnya memang kalo kebanyakan link aktif keluar maka jadi jelek seo blog nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Admin Grajagan SEO20 November 2014 at 20:10

      Bener banget gan..
      Tp untuk tips di atas, yaitu ketika ada link aktif di dalam komentar, maka secara otomatis link tersebut akan di ganti dengan url pilihan kita. misalnya mengarahkannya di halaman sitemap blog. Jadi saya kira cukup baik di mata search engine. :D

      Delete