Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Posting Blog yang SEO Friendly



Cara Membuat Posting Blog yang SE Friendly - Postingan / Artikel adalah salah satu dari banyak hal yang sangat vital dalam dunia blogging. Bagaikan sebuah pilar yang mempunyai peranan penting untuk dapat teroptimasi lebih maksimal pada mesin pencari.

Bayangkan saja, ada blog dengan tampilan yang sangat wah namun tidak ada satupun artikel yang di publish. Sudah barang tentu website tersebut akan terbengkalai di salip dengan mudah oleh pesaing lainnya yang menampilkan posting di halaman blognya. Ingat semakin lama, persaingan antara seorang blogger akan sangat ketat.

Optimasi Blog pada Mesin Pencari khusunya untuk "postingan" merupakan cara SEO Onpage, yaitu strategi optimasi yang di lakukan di halaman blog itu sendiri. Hal ini mencakup struktur template blog, mulai dari meta tag hingga halaman body blog.

Namun seperti apakah kriteria postingan yang baik tersebut? Berikut ini telah saya rangkum sesuai dengan pengalaman saya mengenai Meningkatkan SEO Postingan Blog.
  • Penggunaan Kata Kunci (Keyword)
Mesin Pencari akan menelusuri postingan blog Anda berdasarkan kata kunci pada bagian penting dari halaman posting blog. Mulai dari Judul Postingan, Subheading, Alt Gambar, Link,  Karakter font seperti : Tulisan Tebal (Bold) Miring (Italic) dan Bergaris bawah (Underline).

Dari bagian tersebut, sebaiknya Anda tanamkan kata kunci pada paragraf pertama, tengah postingan dan akhir postingan Anda. Sebaiknya dalam menembak kata kunci, gunakan Keyword Density atau keyword yang mempunyai arti yang sama dengan keyword utama. Contohnya postingan Anda menargetkan kata kunci "Bengkel Motor", maka Keyword Density nya adalah "Bengkel Motor Paling Berkualitas" (Synonim). Hal ini bisa menghindari terjadinya kata yang berulang-ulang.
  • Gunakan Gambar yang ter-Optimasi
Dalam sebuah artikel peranan gambar juga sangat di perhitungkan, gambar berguna untuk mempermudah pengunjung memahami isi dari artikel yang tengah Anda bahas dengan mudah dan cepat. Banyak dari pengunjung langsung bisa memahami apa yang tengah mereka bahas walaupun belum membaca tulisan Anda secara menyeluruh. Sebab itulah, sebaiknya gunakan gambar di sela-sela tulisan Anda.

Lalu bagaimanakah mengoptimasi Gambar agar lebih Search Engine Friendly (di Sukai Mesin Pencari) dan User Friendly (di Sukai Pengunjung)?. Yang pertama adalah upload (unggah) gambar yang relevan dengan isi postingan yang tengah Anda bahas. Lalu tambahkan Deskripsi dan Alt Tag pada gambar yang sudah Anda unggah sebelumnya.
Caranya:
  1. Upload Gambar
  2. Ketika sudah berhasil mengunggah, klik gambar tersebut
  3. Klik Properties
  4. Isikan Alt Tag dan Deskripsi dengan keyword yang Anda gunakan, Anda juga bisa mengisinya menggunakan judul blog
  • Atur Permalink Postingan
Mengatur Permalink postingan juga sangat mempengaruhi kualitas postingan Anda di mata search engine. Gunakan permalink yang sesuai dengan judul atau bahkan keyword yang Anda inginkan. Caranya adalah klik Tautan Permanen (Sisi Kanan). Dan ubah dengan kata kunci sesuai keinginan Anda. Lalu klik Selesai.
  • Deskripsi Postingan
Hal selanjutnya adalah deskripsi postingan. Deskripsi ini akan membantu postingan Anda agar lebih di sukai mesin pencari, dan memberitahukan bahwasanya postingan Anda sangat relevan sesuai dengan deskripsi yang Anda masukan tersebut. Caranya, klik Deskripsi (Sisi Kanan), isikan deskripsi postingan Anda di dalamnya, klik Selesai.
  • Berikan Label
Terakhir adalah memberikan Label pada postingan Anda tersebut, usahakan untuk membuat label yang sesuai dengan judul dan isi dari postingan. Misalnya Anda membuat postingan mengenai “Cara Membuat Blog” maka label yang ideal untuk postingan Anda tersebut adalah Blog.

Setelah Anda menggunakan tips di atas, insya Allah postingan blog Anda akan cepat terindex oleh mesin pencari, jadi tidak perlu melakukan spam kesana kemari. Cuku menggunakan Tips SEO Terbaru untuk postingan di atas :). Cukup sekian postingan yang membahas mengenai Cara Membuat Mengoptimalkan Posting Blog Agar SEO.

Post a Comment for "Cara Membuat Posting Blog yang SEO Friendly"