Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Blok Website Dengan Proxy di Linux

Cara Blok Website Dengan Proxy di Linux
Cara Blok Website Dengan Proxy di Linux

Cara Blok Website Dengan Proxy di Linux - Proxy adalah sebuah aplikasi ataupun computer server yang berfungsi sebagai pengatur jalannya hubungan antara jaringan local dan jaringan internet. Dalam kata lain proxy server adalah Gateway yang berfungsi sebagai pintu masuk dan pintu keluar dari jaringan local ke jaringan internet. Begitupun sebaliknya. Untuk lebih jelasnya cara kerja dari proxy server, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Dalam proxy terdapat beberapa jenis, yaitu Proxy Transparent dan Proxy Non Transparent. Biasanya proxy identik untuk dapat di jalankan dengan lancar di Open Source Operating System seperti halnya Linux.
Secara default proxy server menempati port 3128 dan 8080. Dan biasanya paket proxy dalam proxy server menggunakan paket software Squid. Untuk cara installnya adalah :
  • Konfigurasi Repository dengan Cara Memasukan Repository dalam konfigurasi source.list Anda
  • Setelah memasukan Repository, jangan lupa untuk melakukan Update dengan mengetikkan #apt-get update 
  • Setelah melakukan Update, langkah selanjutnya adalah memulai untuk install squid di komputer Anda dengan cara mengetikkan #apt-get install squid. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
Proxy sendiri mempunyai beberapa fungsi dalam sebuah jaringan. Berikut adalah fungsi dari proxy server :
  • Pengelola jalur internet
  • Blocking situs/konten
  • Bandwitch limiter
  • Routing & NAT
Saya akan sedikit mendefinisikan tentang apa itu Non Transparent Proxy dan Transparent Proxy.

1. Non Transparent Proxy
Yaitu proxy khusus yang di gunakan oleh user tertentu. Penggunaan konfigurasi manual pada client.

2. Transparent Proxy
Proxy yang mengerjakan kinerja otomatis, di sebut transparent karena seolah tidak terlihat bahwa akses dari client telah melewati proses pemeriksaan data oleh proxy.

Baiklah, kembali ke pembahasan kita kali ini tentang Cara Blok Website Dengan Proxy di Linux. Sebelum menuju ke pembahasan, Saya akan sedikit memberikan informasi bahwa metode yang dapat di lakukan dalam blok website terdapat dua metode, yaitu :

1.a Blok Website Berdasarkan DNS (Domain Name Server)
Blok dengan metode ini memungkinkan Anda untuk dapat melakukan blok terhadap website berdasarkan keyword yang terdapat pada Domain Name Server. Contohnya ingin melakukan blok pada website sensor.com dan dilarang.com

2.a Blok Website Berdasarkan Kata dalam URL
Metode ini memang banyak di gunakan mengingat untuk menghindari website-website terlarang. Dan memungkinkan buah hati Anda tidak terjebak pada hal-hal yang kurang baik untuk di serap oleh anak-anak.

Baiklah, berhubung waktu warnet yang terbatas Saya akan mempersingkat pertemuan kali ini. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk Melakukan Blok Website Dengan Proxy di Linux :

  • Blok Website Berdasarkan DNS
    • Patikan Proxy Anda sudah berkerja dengan baik dan benar
    • Buat Agenda terlebih dahulu dengan mengenalkan website yang hendak di blok dengan cara mendefinisikan ACL (Access Control List). Masuk ke #nano /etc/squid/squid.conf kemudian temukan kata “acl localnet src”. Untuk mempermudah proses pencarian gunakan fungsi find (CTRL W).
    • Setelah ketemu (acl localnet src), silahkan masukan perintah berikut tepat di bawahnya. Formatnya adalah : acl nama_acl dstdomain domain1 domain2 domain3 dan seterusnya. Contohnya adalah : acl grajaganseo dstdomain .detik.com .okezone.com
    • Masukan perintah http_access deny grajaganseo tepat di bawah kata "acl CONNECT method"
    • Simpan konfigurasi dengan menekan tombol CTRL+O
    • Keluar dari file konfigurasi dengan menekan tombol CTRL+X
  • Blok Website Berdasarkan DNS
    • Pastikan Proxy yang Anda install telah terinstall dengan baik dan benar di komputer Anda
    • Buat agenda yang sama dengan Blok Website Berdasarkan DNS dengan cara menambahkan perintah dengan format : acl nama_acl url_regex -i kata1 kata2 kata3 contohnya : acl grajaganseo2 url_regex –i sensor dewasa indehoy tepat di bawah kata “acl localnet src” di file konfigurasi #nano /etc/squid/squid.conf
    • Setelah itu jangan lupa untuk memasukan perintah http_access deny grajaganseo2 di bawah kata “acl CONNECT method” pada konfigurasi #nano /etc/squid/squid.conf
    • Simpan konfigurasi Anda dengan menekan tombol CTRL+O
    • Terakhir keluar dari konfigurasi dengan menekan tombol CTRL+X

Setelah melakukan konfigurasi di atas, sebaiknya Anda restart konfigurasi agar konfigurasi squid yang telah Anda lakukan dapat berjalan, dengan cara menuliskan perintah #/etc/init.d/squid restartDengan begini, Website yang Anda masukan dalam konfigurasi tersebut akan di blok oleh proxy. Jadi, kekawatiran Anda pada alamat website terlarang dapat terblok.

Mungkin hanya sampai di sini saja pertemuan kita kali ini tentang Cara Blok Website Dengan Proxy di Linux. Mungkin terdapat kata-kata dan tata bahasa yang kurang baik, mohon untuk di maklumi. Karena memang Saya merupakan seorang Newbie yang masih banyak belajar.
Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa untuk memberikan komentar sekiranya terdapat pertanyaan Anda dan penyampaian yang kurang jelas. Dan pasti akan Saya tanggapi komentar Anda segera. Terima kasih!

Post a Comment for "Cara Blok Website Dengan Proxy di Linux"