Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Media Penyimpan Internal dan Media Penyimpan External

Perbedaan Media Penyimpan Internal dan Media Penyimpan External
Perbedaan Media Penyimpan Internal dan Media Penyimpan External

Perbedaan Media Penyimpan Internal dan Media Penyimpan External - Komputer, pasti di antara Anda sudah tidak asing dengan teknologi tersebut. Alat yang mempunyai banyak sekali fungsi dan dapat memberikan kemudahan terahadap penggunanya tersebut, ternyata telah berdampak pada kemajuan teknologin yang signifikan di dunia.

Berbicara tentang komputer, sudah barang tentu kita akan ingat dengan Media Penyimpan. Di samping mempunyai kegunaan untuk menyimpan data, ternyata Media Penyimpan pada komputer juga mempunyai fungsi untuk proses hidup komputer.
Di dalam komputer, mempunyai dua macam media penyimpan. Yaitu Media Penyimpan Internal dan Media Penyimpan External.

Pada dasarnya Media penyimpan tersebut mempunyai peranan penting pada sebuah komputer. Namun pada kedua media penyimpan tersebut juga mempunyai perbedaan. Mungkin di antara Anda sering mendengar media penyimpan external di banding dengan media penyimpan internal. Atau bahkan di antara Anda belum mendengar kedua media penyimpan tersebut.

Untuk itulah, pada pertemuan kita kali ini Saya akan sedikit memberikan penjelasan terhadap Anda tentang Perbedaan Media Penyimpan Internal dan Media Penyimpan External Pada Komputer. Untuk itu, jika pada postingan Saya kali ini bermanfaat untuk Anda, silahkan memberikan kritik dan saran pada kotak komentar di bawah ini.
  • Media Penyimpan Internal
Media Penyimpan Internal atau yang sering di sebut dengan Memory ini memang mepunyai peranan penting dalam sebuah Komputer. Pada dasarnya, komputer sangat membutuhkan Memory untuk dapat di hidupkan. Untuk lebih jelasnya, komputer akan dapat hidup jika terdapat Memory (Media Penyimpan Internal) di dalamnya. Namun sebaliknya, Komputer tidak dapat hidup jika tidak terdapat Memory di dalamnya. Berikut merupakan Memory yang terdapat pada komputer :
    • RAM (Random Access Memory)
Memory yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data sementara pada computer. Hal ini akan mengakibatkan dalam proses penyimpanan tidak terlalu sering di simpan pada Hardisk. Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin cepat kinerja computer Anda.
    • ROM (Read Only Memory)
Memory yang hanya di gunakan untuk membaca data dan tidak dapat di gunakan untuk menulis data.

  • Media Penyimpan External
Media Penyimpan External merupakan memory kedua setelah memory internal. Namun bedanya adalah jika Memory Internal sangat di butuhkan Komputer untuk dapat hidup, Memory External tidak mempunyai peranan untuk itu. Memory External lebih mengarah pada fungsi untuk menyimpan data-data seperti Document, Video, Gambar. Jika Memory Internal mempunyai peranan untuk menghidupkan Komputer, tidak dengan Memory External. Walaupun tidak ada Memory External di dalam komputer, komputer masih dapat hidup. Berikut merupakan memory external yang terdapat pada komputer :
    • Hardisk
Memory yang berfungsi untuk menyimpan data-data external seperti Gambar, Video, Document dan lain-lain.
    • FlashDisk
Mungkin memory ini sudah tidak asing lagi untuk Anda. Memory yang dapat di bawa kemana-mana di samping praktis, memory ini juga sudah mempunyai kapasitas yang cukup besar mulai dari 1 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, hingga 32 GB tidak menutup kemungkinan kapasitas akan terus bertambah.
    • FloopyDisk
Floopy Disk merupakan media penyimpan yang mempunyai bentuk seperti CD hanya saja bentuknya lebih kecil. Banyak yang menyebut memory ini dengan sebutan Disket. Namun seiring dengan kemajuan zaman, media penyimpan ini sudah di tinggalkan dan banyak yang berganti dengan CD yang mempunyai kapasitas yang lebih besar di banding dengan Disket.
    • CD
Media penyimpan ini merupakan media perkembangan dari Disket. Di samping mempunyai kapasitas yang lebih besar, CD ini mempunyai kegunaan yang lebih luas di banding dengan Disket. Untuk itu, banyak dari pengguna yang beralih pada CD dan memilih untuk meninggalkan Disket.

Mungkin hanya sampai di sini saja yang dapat Saya share buat Anda tentang Perbedaan Media Penyimpan Internal dan Media Penyimpan External. Semoga pada pertemuan kita kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa untuk memberikan komentar Anda di kotak komentar di bawah ini.

Post a Comment for "Perbedaan Media Penyimpan Internal dan Media Penyimpan External"