Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian XAMPP dan Manfaatnya

Pengertian XAMPP dan Manfaatnya
Pengertian XAMPP dan Manfaatnya

Pengertian XAMPP dan Manfaatnya - XAMPP adalah software grafis gratis yang di tujukan pada pengguna Windows Operating System. Walaupun dalam versi linux telah ada software ini, namun dalam pengoperasiannya mengunakan perintah text. Hal ini mengakibatkan menjalankan software ini dalam linux sedikit sulit di banding dengan windows. Namun kelebihan software ini jika di jalankan pada linux lebih lancar di banding dengan windows.

Software yang merupakan software web server apache yang di dalamnya sudah terdapat database seperti mysql, php dan masih banyak lagi. Kelebihan software web server XAMPP ini di banding dengan software web server lain adalah dalam satu kali install software ini telah sekaligus terinstall Apache Web Server, MySQL Database Server, PHP Support. Berikut merupakan Pengertian XAMPP dan Manfaatnya.

Apache

Software ini bisa kita dapatkan secara gratis, dan bersifat open source. Atau dalam artian kita dapat menggunakan dan mengubah script secara gratis. Fungsi dari Apache adalah menampilkan halaman web sesuai dengan script php yang telah di buat sebelumnya.

PHP
Merupakan bahasa pemograman yang sering di gunakan untuk web server. PHP memungkinkan pengguna atau user untuk membuat web dinamis (dapat di ubah). PHP dapat berkerja di berbagai macam Operating System seperti, windows, linux, mac os, dan lainnya. Sama halnya dengan Apache, software ini juga bisa di dapatkan secara gratis.

MySQL
SQL atau Structured Query Language merupakan software yang khusus di gunakan untuk mengolah database. Hal ini memungkinkan SQL untuk dapat menambah, mengubah, menghapus data yang terdapat dalam database. SQL merupakan software yang bersifat rational atau dalam artian program ini menggunakan tabel data untuk memisahkan beberapa data yang memungkinkan untuk menghindari duplicate data.

PHPmyAdmin
Dengan fitur PHPmyAdmin ini, kita akan dapat dengan mudah membuat baris data ataupun database tanpa harus mengingat perintah-perintahnya.
Untuk menggunakannya sendiri sangat mudah :
  • Pastikan software XAMPP Anda terinstall
  • Klik start Apache dan MySQL
  • Buka web browser Anda
  • Ketikan http://localhost/phpmyadmin
  • Lalu akan muncul jendela interface, di sana Anda dapat membuat baris data baru seperti database
Mungkin sampai di sini saja pertemuan kita kali ini tentang Pengertian XAMPP dan Manfaatnya, semoga artikel di atas dapat memberikan sedikit ilmu untuk Anda. Dan semoga artikel tersebut dapat bermanfaat buat Anda.

3 comments for "Pengertian XAMPP dan Manfaatnya"

  1. teman - teman kesulitan untuk belajar komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, ilmu komputer, design grafis, master bisnis online, belajar delphi

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat gan info yang diberikan, ane juga beberapa waktu lalu membahas tentang xampp dari sudut pandang ane di https://randomseverything.wordpress.com/2014/11/22/xampp
    semoga juga bisa bermanfaat. terima kasih gan. Sukses selalu

    ReplyDelete