Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan Grub Ubuntu Karena Tertimpa Windows

Cara Mengembalikan Grub Ubuntu Karena Tertimpa Windows
Cara Mengembalikan Grub Ubuntu Karena Tertimpa Windows

Cara Mengembalikan Grub Ubuntu Karena Tertimpa Windows - Seorang User yang menggunakan Dual OS atau dua sistem operasi dalam satu komputer mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebuah GRUB (GRand Unified Bootloader) yang merupakan software yang tertanam di dalam hardisk yang digunakan untuk memuat beberapa system operasi yang tertanam di dalamnya (hardisk).

Namun, juga tidak sedikit user yang mengalami pengalaman yang terjadi akibat eror dual os ini. Salah satunya adalah di tandai oleh tertimpanya operating system yang tertindih oleh os lain ambil saja contoh windows os. Hal ini di sebabkan oleh karena komputer telah di install operating system ubuntu terlebih dahulu, namun os ubuntu tersebut menjadi menghilang karena tertindih dengan operating sistem windows yang baru saja di install.

Akibatnya, list Operating System menghilang saat komputer sedang booting, atau dalam artian komputer langsung masuk ke windows karena grub ubuntu masih belum mengenali operating system windows, jadi saat komputer booting ubuntu tidak dapat mengenali windows yang baru saja di install dan hal ini mengakibatkan list yang biasanya muncul menjadi menghilang.
Inilah kelebihan ubuntu di banding dengan windows. Ubuntu dapat membaca konfigurasi Windows, namun sebaliknya Windows tidak dapat membaca konfigurasi Ubuntu.

Untuk menangani masalah tersebut, kita terlebih dahulu harus mengenalkan operating system windows terhadap grub ubuntu. Sebelum menuju ke pemecahan masalah, sebaiknya Anda perhatikan dulu bahan-bahan yang di butuhkan (memangnya mau masak?).
Berikut merupakan Cara Mengembalikan Grub Ubuntu Karena Tertimpa Windows :
  • Pertama Anda harus mempunyai bootable CD atau Flashdisk Ubuntu sesuai dengan versi linux yang di gunakan. Ex : Anda mengguankan Ubuntu v.12.04, maka Anda harus menggunakan bootable Ubuntu v.12.04 juga.
  • Atur booting pada media CD bootable atau Flashdisk bootable Ubuntu v.12.04 (masuk bios)
  • Setelah masuk ke dekstop Ubuntu, buka terminal (dalam windows command promt)
  • Masuk Root
    • $sudo su
  • Periksa letak partisi linux Anda dengan mengetikan
    • #fdisk –l

Dapat Anda lihat pada gambar di atas, bahwa partisi linux komputer saya berada pada partisi /dev/sda7
  • Lakukan Mount pada letak partisi linux Anda, perintah mount berguna untuk agar partisi linux dapat membaca partisi windows
    • #mount /dev/sda7 /mnt
  • Install Grub pada partisi yang telah Anda mount sebelumnya
    • #grub-install –root-directory=/mnt/ /dev/sda
  • Lakukan Restart Komputer Anda (gunakan tombol restart komputer, bukan mengetikan reboot pada terminal)
Dan lihat hasilnya, list operating systemnya udah muncul atau belum? Biasanya dengan cara di atas sudah dapat berhasil. Dan tentunya cara ini telah saya praktekan dalam komputer Saya dan ternyata berhasil. Dan dapat Anda lihat di atas, bahwa Saya tidak melakukan Update Grub, karena menurut pengalaman Saya bahwa saat setelah melakukan Update Grub, Grub malah menjadi eror, hal ini di tandakan dengan tulisan Grub Eror saat booting.

Hal ini akan berdampak pada proses pekerjaan Anda menjadi lebih panjang, jadi saran Saya jangan mengaupdate grub Anda. Saya akan mempublikasikan bagaimana Cara Mengatasi Grub Eror nanti. Jangan lupa untuk membaca dan memberikan komentar.

Mungkin hanya sampai di sini saja tips yang dapat Saya share buat Anda tentang Cara Mengembalikan Grub Ubuntu Karena Tertimpa Windows. Semoga pada pertemuan kita kali ini dapat membantu kesulitan Anda.
Sedikit pesan saya, jangan pernah takut untuk melakukan sesuatu yang baru. Karena menurut Saya, sesuatu yang baru dapat memberikan wawasan yang lebih luas terhadap Anda.

2 comments for "Cara Mengembalikan Grub Ubuntu Karena Tertimpa Windows"