Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Repository Pada Ubuntu 12.04

Cara Mengganti Repository Pada Ubuntu 12.04
Cara Mengganti Repository Pada Ubuntu 12.04

Cara Mengganti Repository Pada Ubuntu 12.04 - Lagi-lagi berbicara soal Ubuntu, karena memang Ubuntu adalah Operating System yang di tujukan untuk semua kalangan untuk dapat menikmati kemudahan dan fitur yang di berikan dalam pengoperasianya. Tak salah jika Ubuntu sangat di gandrungi oleh pengguna/user khususnya di indonesia.

Ubuntu sangat dominan dengan proses mode textnya, bahkan dalam penginstalan paket software harus di lakukan dengan menggunakan proses mode text namun juga tidak sedikit yang melakukan instalasi dengan mode Grafik. Namun karena kemudahan dalam proses instalasi, banyak yang memilih proses instalasi dengan menggunakan mode text.

Dan hal itu tidak luput dari sebuah Repository yang di proses dengan menggunakan mode text. Namun sebelum melangkah lebih dalam, saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu Repository. Menurut definisi saya, bahwa Repository merupakan sebuah gudang yang di dalamnya terdapat sekumpulan paket data , (termasuk paket software) yang dapa di akses melalui CD, Internet dan lain-lain.

Pada pertemuan kita kali ini, kita akan membahas bagaimana Cara Mengganti Repository Pada Ubuntu. Berikut merupakan bagaimana Mengganti Repository Pada Ubuntu dengan mudah :
  • Pertama masuk ke Terminal, CTRL+ALT+T
  • Seperti biasa, kita berpindah pada posisi Root (user tertinggi) dengan mengetikan #sudo su. Lalu masukan Password user
  • Setelah masuk Root, ketikan #nano /etc/apt/source.list
  • Setelah masuk jendela editor, di situ Anda akan menemukan sekumpulan baris text, berikan tanda (#) di depan text tersebut (# di gunakan agar text yang di beri tanda # akan di anggap comment oleh sistem)
  • Setelah itu, masukan File Repostory berikut tepat paling bawah :
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ precise-proposed main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ precise-security main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ precise-updates main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ precise main restricted universe multiverse

  • Tekan CTRL+O untuk menyimpan konfigurasi, lalu CTRL+X untuk keluar jendela editor
  • Lakukan restart network, dengan mengetikan #/etc/init.d/networking restart.
Keterangan :
Sengaja saya memberikan file konfigurasi Repository dari kambing univertisas indonesia, karena menurut saya pada file Repository ini mempunyai file data yang lengkap.

Mungkin hanya segitu saja yang dapat saya share buat Anda, semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih atas kunjungan dan sedianya membaca Artikel ini, dan jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran Anda di kotak komentar bawah.

Post a Comment for "Cara Mengganti Repository Pada Ubuntu 12.04"